Roboguru

Apa faktor penting yang harus Anda perhatikan dalam menyusun surat lamaran pekerjaan?

Pertanyaan

Apa faktor penting yang harus Anda perhatikan dalam menyusun surat lamaran pekerjaan?undefined 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Pembahasan Soal:

Faktor penting yang harus diperhatikan dalam menyusun surat lamaran pekerjaan:

  1. Gunakan Paragraf Pembuka dan Penutup yang Baik
    Saat membuat surat lamaran kerja, pastikan Anda menggunakan paragraf pembuka dan penutup surat yang baik. Hal ini sangatlah penting karena paragraf pembuka akan menentukan maksud surat yang Anda buat dan peragraf penutup akan memberikan kesan dari surat lamaran yang Anda buat.
    Agar bisa membuat paragraf pembuka dan penutup yang baik, maka gunakanlah bahasa yang lugas dan tidak bertele-tele. Selain itu, buat juga paragraf yang bersifat persuasif atau menjual agar staff HRD tertarik dengan surat lamaran kerja yang Anda buat. Sehingga, staff HRD bisa dengan mudah mencerna surat lamaran kerja yang Anda berikan dan potensi untuk dipanggil pun akan semakin besar.
     
  2. Pastikan Surat Ditujukan Secara Jelas
    Pada bagian kepala surat, Anda perlu menuliskan dengan jelas kepada siapa surat lamaran kerja ditujukan. Hal ini sangatlah penting karena kesalahan pada bagian kepala surat bisa membuat staff HRD merasa tidak yakin dengan surat yang Anda kirimkan. Pastikan surat ditujukan secara jelas dengan mencantumkan nama, gelar, jabatan dan alamat perusahaan jika dibutuhkan.
     
  3. Tulis Informasi Secara Lebih Ringkas
    Di dalam surat lamaran kerja, Anda perlu mencantumkan informasi mengenai diri Anda. Hal ini perlu diperhatikan betul mengingat informasi yang Anda sampaikan di surat lamaran kerja tidaklah sama dengan informasi yang dicantumkan di CV. Tulis informasi mengenai data diri atau pengalaman Anda secara lebih ringkas agar mudah dibaca oleh staff HRD. Selain itu, lampirkan juga CV dengan informasi yang lebih lengkap dan enak dibaca agar dapat membuat staff HRD tertarik dan bersedia untuk memanggil Anda ke tahap seleksi berikutnya.
     
  4. Pastikan Surat Lamaran Bersih
    Saat memberikan surat lamaran kerja, maka pastikan terlebih dahulu surat lamaran kerja Anda berada dalam kondisi bersih. Karena, jika surat lamaran diberikan dalam kondisi yang lusuh atau tidak layak, maka Anda akan terlihat kurang niat untuk melamar kerja di perusahaan tersebut. Jika Anda menulis surat lamaran dengan tulisan tangan, maka pastikan tulisan mudah dibaca dan tidak ada bekas coretan atau perbaikan sedikitpun pada surat tersebut. Agar lebih mudah, maka sebaiknya buat surat lamaran dengan mengetiknya terlebih dahulu agar hasil tulisan lebih rapi dan bagus. Sehingga, staff HRD bisa membaca surat secara lebih jelas dan mudah.
     
  5. Sampaikan Rasa Antusias Untuk Bekerja
    Selain mencantumkan paragraf yang singkat dan padat, sampaikan juga rasa antusias Anda untuk bekerja di perusahaan tersebut. Anda bisa mencantumkan rasa antusias pada bagian akhir paragraf. Gunakan bahasa yang ringkas dan tidak berlebihan agar lebih disukai oleh staff HRD.
     
  6. Berikan Tanda Tangan
    Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah tanda tangan pada surat lamaran pekerjaan. Anda perlu memberikan tanda tangan pada bagian bawah surat sebagai tanda bahwa Anda benar-benar pihak yang mengirimkan surat lamaran kerja tersebut. Selain itu, tanda tangan juga dapat menjadi cara staff HRD untuk menilai kepribadian Anda melalui tanda tangan tersebut. Sehingga, buat tanda tangan serapi mungkin agar bisa menunjukkan kesan yang baik dihadapan staff HRD.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Rozalina

Mahasiswa/Alumni Universitas Jambi

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Rafi, berusia 23 tahun. Dia telah lulus S-1 Bahasa Indonesia dengan indeks prestasi 3,7, bermaksud melamar pekerjaan di sebuah penerbit sebagai tenaga editor. Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan ...

0

Roboguru

Bacalah pengumuman penerimaan pekerjaan berikut! PENGUMUMAN Rumah Sakit Ananda Bandung membutuhkan segera tenaga perawat, usia maksimal 35 tahun, pendidikan minimal D3, diusahakan berpengalaman. La...

0

Roboguru

Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat lamaran pekerjaan!

1

Roboguru

Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang sesuai dengan iklan tersebut adalah ....

0

Roboguru

Hal yang tidak perlu diperhatikan dalam menulis surat lamaran pekerjaan dengan ditulis tangan yaitu ....

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved