Roboguru

Apa dampaknya apabila sumber daya yang ada tidak dimanfaatkan secara optimal?

Pertanyaan

Apa dampaknya apabila sumber daya yang ada tidak dimanfaatkan secara optimal?space 

Pembahasan Soal:

Kelangkaan adalah keterbatasan sumber daya, hingga menyebabkan keperluan masyarakat tidak bisa tercukupi. Selain itu, pengertian lainnya dari kelangkaan adalah ketika manusia memerlukan sesuatu, namun tidak langsung bisa memperoleh apa yang dibutuhkannya.

Dampak jika sumber daya tidak dimanfaatkan secara optimal akan menyebabkan kelangkaan di daerah tersebut, terjadi kelonjakan harga untuk barang tersebut, permintaan akan barang tersebut juga akan meningkat tinggi.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Makhrisza

Mahasiswa/Alumni Universitas Pertahanan

Terakhir diupdate 06 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan faktor berikut ini, keterbatasan pengolahan sumber daya alam pembukaan lahan pertanian bencana alam pertumbuhan penduduk pembangunan perusahaan teknologi ketidak sabaran manusia F...

Pembahasan Soal:

Kelangkaan adalah kondisi di mana kita tidak mempunyai cukup sumber daya untuk memuaskan semua kebutuhan kita. Dengan singkat kata kelangkaan terjadi karena jumlah kebutuhan lebih banyak dari jumlah barang dan jasa yang tersedia. Kelangkaan juga dapat diartikan alat yang digunakan untuk memuaskan kebutuhan jumlahnya tidak seimbang dengan kebutuhan yang harus dipenuhi.

Ada 10 Faktor penyebab kelangkaan, yaitu :

  1. Keterbatasan sumber daya
  2. Perbedaan letak geografis
  3. Pertambahan jumlah penduduk
  4. Keterbatasan kemampuan produksi
  5. Bencana alam
  6. Kemajuan IPTEK
  7. Perang dan penyakit
  8. Kebijakan pemerintah
  9. Sifat serakah manusia.
  10. Terbatasnya dana

Jadi, jawaban yang tepat adalah poin B.undefined 

Roboguru

Mengapa alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas ?

Pembahasan Soal:

Alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas karena adanya keterbatasan manusia dalam mengolah sumber daya yang ada sedangkan kebutuhan manusia tidak terbatas, artinya ketika suatu kebutuhan telah terpenuhi, maka akan ada kebutuhan yang baru. Hal ini menyebabkan kebutuhan tidak terbatas sedagkan alat pemuas kebutuhannya terbatas.undefined 

Roboguru

Inti masalah ekonomi adalah terjadinya kelangkaan. Mengapa terjadi kelangkaan?

Pembahasan Soal:

Kelangkaan terjadi karena jumlah kebutuhan manusia yang tidak terbatas sedangkan alat pemuas kebutuhan terbatas. Atau dengan kata lain Jumlah barang lebih sedikit daripada kebutuhan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B. undefined 

Roboguru

Alih fungsi kawasan hutan sebagai lahan perkebunan di Indonesia menyebabkan kelangkaan hasil hutan. Kondisi ini berdampak pada sulitnya produsen mendapatkan bahan baku. Upaya tepat untuk mengatasi ke...

Pembahasan Soal:

Alih fungsi lahan hutan adalah perubahan fungsi pokok hutan menjadi kawasan non hutan seperti, pemukiman, areal pertanian dan perkebunan. Masalah ini bertambah berat dari waktu ke waktu sejalan dengan meningkatnya luas areal hutan yang dialihfungsikan menjadi lahan usaha lain. Alih fungsi lahan dapat menyebabkan menurunnya kualitas lahan, misalnya dengan cara tebang bakar. Pemerintah melakukan upaya agar mengatasi masalah ini salah satunya dengan menerapkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2004 sebagai pengganti Pasal 72 Undang- Undang Nomor 41 Tahun 2009 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah. Pemerintah akan memberikan sanksi terhadap pihak yang melanggar sesuai ketentuan perundang-undangan dan mengawasi dengan ketat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.  space space 

Roboguru

Di beberapa kota besar sering terjadi kelangkaan air bersih karena pencemaran sungai akibat pembuangan limbah industrI dan sampah oleh masyarakat sekitar. Untuk mengatasi masalah kelangkaan tersebut d...

Pembahasan Soal:

Distribusi pendapatan merupakan bagian dari pembangunan ekonomi. Dengan pemerataan distribusi pendapatan di suatu wilayah maka tingkat kesenjangan antara si kaya dan si miskin pun tidak akan tinggi. Hasilnya setiap orang mendapatkan fasilitas dan penghidupan yang layak dan setara. Sayangnya pemerataan ini bukanlah perkara mudah.

Distribusi pendapatan memiliki pengertian penyebaran pendapatan pada suatu wilayah geografis. Distribusi ini juga bisa memiliki makna penyaluran pendapatan melalui penyelesaian pekerjaan dalam pengadaan barang, jasa dan bidang niaga. Adapun yang mengartikannya sebagai suatu proses pembagian pada faktor produksi yang mengikuti pendapatan.

Distribusi pendapatan dikatakan adil bila merata ke seluruh lapisan masyarakat yang benar-benar membutuhkan dan sesuai target.

Hal ini dapat dikatakan efektif bila merata sehingga tidak terjadi ketimpangan. Apabila si miskin tidak mendapatkan fasilitas yang sama dengan lainnya maka pemerintah bisa memberikan bantuan baik tunai, skill dan kesempatan kerja maupun program pemerintah lainnya.

Tujuan dari ini bukan hanya persoalan memperkecil kesenjangan sosial saja. Konsep distribusi pendapatan nyatanya memiliki beberapa tujuan sebagai berikut :

  1. Meningkatkan taraf hidup masyarakat menjadi lebih baik. Masyarakat bisa membangun kesejahteraan umum.
  2. Memberikan hak dan keadilan bagi setiap warga negara. Setiap orang dapat menikmati fasilitas yang sama dan setara.
  3. Menghindarkan dari resiko kriminalitas khususnya perampokan, penipuan maupun pencucian uang. Setiap orang mampu memenuhi kebutuhannya sehingga tindak kejahatan bisa dihindari.
  4. Menumbuhkan rasa solidaritas dan sosial yang tinggi antar  lapisan masyarakat. Sebagai contoh berupa penyaluran zakat kepada yang membutuhkan.

Faktor yang mempengaruhi distribusi pendapatan
Dalam distribusi ini ada faktor-faktor tertentu yang mempengaruhinya. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Pemerataan pembangunan di setiap wilayah juga berdampak pada distribusi ini. Infrastruktur nyatanya menjadi bagian dari transportasi, teknologi industri dan sistem pendidikan suatu wilayah
  2. Pertumbuhan penduduk juga ikut berpengaruh karea semakin tinggi pertumbuhan penduduk yang tidak diselingi dengan kenaikan pendapatan nasional akan membuat pendapatan per kapita lebih kecil.
  3. Nilai tukar mata uang mempengaruhi distribusi ini khususnya atas penyelesaian pekerjaan. Industri kecil yang membantu perekonomian negara kesulitan dalam melakukan produksi karena pengadaan barang impor diikuti dengan nilai tukar mata uang asing yang tinggi pula.
  4. Investasi juga bagian dari pendapatan. Investasi yang terlalu banyak pada proyek padat modal akan menghambat pendistribusian pendapatan kepada pekerja. Pengangguranpun bertambah dan kesenjangan ekonomi juga ikut meningkat.
  5. Kebijakan pemerintah seperti sistem ekonomi pancasila mempengaruhi pendistribusian pendapatan. Misalnya saja kebijakan subsidi pajak untuk jenis usaha UMKM untuk meningkatkan kapasitas produksi. Peran lembaga keuangan juga penting dalam menyalurkan dana untuk kebutuhan konsumsi maupun bisnis.space 
Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved