Roboguru

Apa dampak yang terjadi jika sampah yang tidak ter...

Apa dampak yang terjadi jika sampah yang tidak terurai dibuang langsung ke tanah?undefined 

  1. ....undefined 

  2. ....undefined 

Jawaban:

Sampah merupakan permasalahan yang dihadapi sejak dulu, penggunaan plastik dalam kebutuhan sehari-hari menyebabkan permasalahan karena sampah plastik tidak dapat terurai. Dampak yang dapat timbul dari sampah yang tidak mudah terurai antara lain:

  • Tercemarnya tanah, air tanah, dan juga makhluk hidup bawah tanah.
  • Racun-racun dari partikel plastik yang masuk ke dalam tanah akan berpotensi untuk membunuh hewan-hewan pengurai di dalam tanah, termasuk cacing.
  • PCB (polychlorinated biphenyl) yang tidak terurai walaupun sudah termakan oleh para hewan dan tumbuhan akan menjadi suatu racun berantai sesuai urutan makanannya.
  • Sampah plastik akan mengganggu jalur terserapnya air ke dalam tanah.
  • Menurukan kesuburan tanah. Hal ini dikarenakan plastik juga dapat menghalangi sirkulasi udara di dalam tanah dan ruang gerak makhluk hidup bawah tanah yang berperan dalam proses penyuburan tanah.
  • Ketika hewan-hewan yang menelan sampah atau kantong plastik mati, maka sampah atau kantong plastik yang berada di dalam tubuhnya tersebut tidak akan hancur dan tetap utuh sehingga akhirnya akan menjadi bangkai yang dapat meracuni hewan lainnya.undefined 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved