Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apa arti asam amino esensial dan asam amino nonesensial? Beri contohnya masing-masing.

Apa arti asam amino esensial dan asam amino nonesensial? Beri contohnya masing-masing.space

Iklan

Q. 'Ainillana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh namun tidak disintesis dalam tubuh dan asam amino nonesensial adalah asam amino yang dapat disintesis oleh tubuh manusia. Berdasarkan pembentukannya, asam amino dalam tubuh dibedakan menjadi asam amino esensial dan asam amino non esesial. Asam amino esensial merupakan asam amino yang dibutuhkan tubuh, namuntidak dapat disintesis di dalam tubuh manusia sehingga harus dikonsumsidari makanan, contohnyahistidin (His), arginin (Arg), valin (Val), leusin (Leu), isoleusin (Ile), treonin (Thr), triptofan (Try), lisin (Lys), metionin (Met), dan fenilalanin (Phe). Sedangkan, asam amino nonesensial adalah asam amino yang dibutuhkan tubuh dan dapat disintesis oleh tubuh manusia , contohnya alanin (Ala), asparagin (Asn), asam aspartat (Asp), sistein (Cys), asam glutamat (Glu), glutamina (Gln), glisina (Gly), prolina (Pro), serina (Ser), dan tirosin (Tyr).

Asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh namun tidak disintesis dalam tubuh dan asam amino nonesensial adalah asam amino yang dapat disintesis oleh tubuh manusia.

Berdasarkan pembentukannya, asam amino dalam tubuh dibedakan menjadi asam amino esensial dan asam amino non esesial.

  • Asam amino esensial merupakan asam amino yang dibutuhkan tubuh, namun tidak dapat disintesis di dalam tubuh manusia sehingga harus dikonsumsi dari makanan, contohnya histidin (His), arginin (Arg), valin (Val), leusin (Leu), isoleusin (Ile), treonin (Thr), triptofan (Try), lisin (Lys), metionin (Met), dan fenilalanin (Phe).
  • Sedangkan, asam amino nonesensial adalah asam amino yang dibutuhkan tubuh dan dapat disintesis oleh tubuh manusia, contohnya alanin (Ala), asparagin (Asn), asam aspartat (Asp), sistein (Cys), asam glutamat (Glu), glutamina (Gln), glisina (Gly), prolina (Pro), serina (Ser), dan tirosin (Tyr).

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Apakah yang dimaksud dengan asam amino esensial? Tuliskan contoh masing-masing lima asam amino esensial dan asam amino nonesensial. Tuliskan juga strukturnya.

12

3.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia