Iklan

Iklan

Pertanyaan

Antibodi bekerja menghancurkan antigen melalui penetralan, pengendapan, pelekatan, atau kerjasama dengan protein komplemen. Pernyataan yang sesuai dengan cara kerja antibodi adalah ....

Antibodi bekerja menghancurkan antigen melalui penetralan, pengendapan, pelekatan, atau kerjasama dengan protein komplemen. Pernyataan yang sesuai dengan cara kerja antibodi adalah ....

  1. penetralan, racun dinetralkan dan disekresikan melalui kulit

  2. penetralan, racun dinetralkan dan ditelan fagosit

  3. pengendapan, racun-racun diendapkan sehingga lebih mudah difagosit

  4. pelekatan, antibodi melekat pada antigen, kemudian antigen dihancurkan eritrosit

  5. pelekatan pada antigen sehingga dikenali sel-sel limfosit T

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

M ekanisme kerja antibodi sebagai respon humoral melawan antigen seperti virus, bakteri, racun, dan mikroorganisme dapat menggunakan cara seperti: N etralisasi → Antibodi menonaktifkan antigen dengan cara memblok bagian tertentu dari antigen. Antibodi akan menetralkan efek virus dengan melakukan pengikatan bagian tertentu antigen yang terdapat pada sel inang. Pelekatan → Antibodi melekat pada sel-sel mikroorganisme (antigen) sebagai opsonin sehingga antigen tersebut dapat difagosit dan dihancurkan oleh neutrofil. Pres ipitasi / pengendapan → Antibodi akan mengendapkan antigen yang larut. Anttigen yang larut menjadi racun dan proses pengikatan antigen yang mengendap ini akan memudahkan makrofag mudah menangkapnya. Fiksasi komplemen → Antibodi dan protein komplemen bekerja sama dalam melakukan penyerangan terhadap sel asing dari sumber penyakit. Proses pengaktifan protein komplemen menyebabkan terjadinya luka dan lisis pada membran sel inang.

 

Mekanisme kerja antibodi sebagai respon humoral melawan antigen seperti virus, bakteri, racun, dan mikroorganisme  dapat menggunakan cara seperti:

  1. Netralisasi Antibodi menonaktifkan antigen dengan cara memblok bagian tertentu dari antigen. Antibodi akan menetralkan efek virus dengan melakukan pengikatan bagian tertentu antigen yang terdapat pada sel inang.

  2. Pelekatan → Antibodi melekat pada sel-sel mikroorganisme (antigen) sebagai opsonin  sehingga antigen tersebut dapat difagosit dan dihancurkan oleh neutrofil.

  3. Presipitasi/pengendapan  Antibodi akan mengendapkan antigen yang larut. Anttigen yang larut menjadi racun dan proses pengikatan antigen yang mengendap ini akan memudahkan makrofag mudah menangkapnya.

  4. Fiksasi komplemen → Antibodi dan protein komplemen bekerja sama dalam melakukan penyerangan terhadap sel asing dari sumber penyakit. Proses pengaktifan protein komplemen menyebabkan terjadinya luka dan lisis pada membran sel inang.  

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

24

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pernyataan yang benar mengenai carakerja antibodi dalam menginaktivasi antigen adalah ...

96

4.7

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia