Pertanyaan

Antarmolekul diatomik dapat membentuk gaya antarmolekul karena adanya gaya London. Sesuai dengan faktor-faktor yang mempengaruhi gaya London, antarmolekul diatomik berikut yang memiliki gaya van der Waals paling kuat adalah …

Antarmolekul diatomik dapat membentuk gaya antarmolekul karena adanya gaya London. Sesuai dengan faktor-faktor yang mempengaruhi gaya London, antarmolekul diatomik berikut yang memiliki gaya van der Waals paling kuat adalah …

  1. H2 dan N2

  2. N2 dan Cl2

  3. H2 dan Cl2

  4. N2 dan O2

  5. Cl2 dan O2

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.

jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan

Gaya Van der Waals merupakan gaya tarik-menarik/tolak-menolak antarmolekul atau antarbagian dalam molekul yang sama karena adanya ikatan kovalen maupun interaksi elektrostatik ion dengan molekul netral atau bermuatan lainnya. Gaya Van der Walls terdiri dari dipol permanen, dipol terimbas dan dipol sesaat (gaya London). Gaya London merupakan bagian dari gaya Van der Waals, yang terbentuk dari antar senyawa kovalen nonpolar. Salah satu contoh senyawa kovalen nonpolar adalah molekul diatomik seperti H 2 , N 2 , O 2 dan lain-lain. Kekuatan ikatan gaya London dipengaruhi oleh jumlah elektron/ massa molekul relatif (Mr). Pada molekul H 2 jumlah elektron (Mr) = 2, N 2 jumlah elektron (Mr) = 28, O 2 jumlah elektron (Mr) = 32, dan Cl 2 jumlah elektron (Mr) = 71. Sesuai dengan faktor-faktor yang mempengaruhi gaya London, antarmolekul diatomik berikut yang memiliki gaya van der Waals paling kuat adalah Cl 2 dan O 2 . Jadi, jawaban yang tepat adalah E .

Gaya Van der Waals merupakan gaya tarik-menarik/tolak-menolak antarmolekul atau antarbagian dalam molekul yang sama karena adanya ikatan kovalen maupun interaksi elektrostatik ion dengan molekul netral atau bermuatan lainnya. Gaya Van der Walls terdiri dari dipol permanen, dipol terimbas dan dipol sesaat (gaya London).

Gaya London merupakan bagian dari gaya Van der Waals, yang terbentuk dari antar senyawa kovalen nonpolar. Salah satu contoh senyawa kovalen nonpolar adalah molekul diatomik seperti H2, N2, O2 dan lain-lain.

Kekuatan ikatan gaya London dipengaruhi oleh jumlah elektron/ massa molekul relatif (Mr). Pada molekul H2 jumlah elektron (Mr) = 2, N2 jumlah elektron (Mr) = 28, O2  jumlah elektron (Mr) = 32, dan Cl2 jumlah elektron (Mr) = 71.

Sesuai dengan faktor-faktor yang mempengaruhi gaya London, antarmolekul diatomik berikut yang memiliki gaya van der Waals paling kuat adalah Cl2 dan O2.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

4rb+

5.0 (2 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Di antara senyawa alkana berikut ini yang mempunyai interaksi van der Waals paling tinggi adalah ...

787

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia