Roboguru

Antaratom silikon dapat membentuk ikatan kovalen sebanyak ....

Pertanyaan

Antaratom silikon dapat membentuk ikatan kovalen sebanyak ....space

  1. 1

  2. 2

  3. 3

  4. 4

  5. 6

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Silikon (Si) berasal dari bahasa latin yaitu silicium, memiliki nomor atom 14.  Silikon adalah unsur kimia terbanyak kedua setelah oksigen yang berada di dalam kerak bumi, yaitu sekitar 25,7%.

Konfigurasi unsur Silikon:

Si presubscript 14 presuperscript blank space colon open square brackets Ne close square brackets 3 s to the power of 2 space end exponent 3 italic p squared

Atom silikon dapat membentuk empat ikatan secara serentak silikon dalam susunan tetrahedral, unsur Si mengkristal dengan struktur kubus pusat muka (fcc) seperti intan, silikon bersifat semi konduktor.

Dalam silika Si O subscript 2, setiap atom Si terikat pada empat atom O dan tiap atom O terikat pada dua atom Si. Susunan struktur tersebut membentuk jaringan yang sangat besar, yaitu struktur kristal kovalen raksasa (seperti intan). Kuarsa mempunyai titik leleh tinggi dan bersifat insulator.

Kuarsa merupakan bentuk umum untuk silika serta banyak juga silika dalam bentuk lain, sehingga umumnya disebut mineral silika. Sebagian besar silika tidak larut dalam air. Hanya silikat dari logam alkali yang dapat diperoleh sebagai senyawa yang larut dalam air.

Sifat umum dari mineral silikat adalah kekomplekan anion silikatnya, namun struktur dasarnya merupakan tetrahedral sederhana dari empat atom O disekitar atom pusat Si, tetrahedral ini dapat berupa: unit terpisah; bergabung menjadi rantai atau cincin dari 2,3,4 atau 6 gugus; bergabung membentuk rantai tunggal yang panjang atau rantai ganda; tersusun dalam lembaran; terikat menjadi kerangka tiga dimensi.

Si O subscript 4 to the power of 4 minus sign left parenthesis italic a italic q right parenthesis space plus space 4 H to the power of plus sign left parenthesis italic a italic q right parenthesis space rightwards arrow space Si open parentheses O H close parentheses subscript 4 left parenthesis italic a italic q right parenthesis 

 

Berdasarkan penjelasan di atas maka antaratom silikon dapat membentuk ikatan kovalen sebanyak 4 buah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Di antara unsur periode tiga berikut yang paling banyak terdapat di alam adalah ....

Pembahasan Soal:

Unsur paling melimpah di bumi adalah oksigen. Berikut adalah kelimpahan unsur-unsur periode tiga di alam:

  • Natirum (Na) merupakan unsur peringkat kelima sesudah oksigen pada kulit bumi.
  • Alumunium (Al) merupakan unsur peringkat ketiga sesudah oksigen pada kulit bumi
  • Magnesium (Mg) merupakan unsur peringkat kedelapan sesudah oksigen pada kulit bumi.
  • Silikon (Si) merupakan unsur peringkat kedua sesudah oksigen pada kulit bumi
  • Klorin (Cl) merupakan unsur peringkat keenambelas sesudah oksigen pada kulit bumi.

Berdasarkan pernyataan di atas, silikon adalah unsur periode tiga yang paling banyak terdapat di alam kerena menempati peringkat kedua sesudah oksigen pada kulit bumi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Unsur periode ketiga berikut yang bersifat metaloid adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Unsur yang bersifat metaloid adalah unsur nonlogam yang memiliki sifat logam yakni dapat menghantarkan listrik. Unsur-unsur yang bersifat metaloid adalah B, Si, Ge, As, Sb, Te, dan Po. Maka dapat disimpulkan unsur periode 3 yang bersifat metaloid adalah Si. Dengan demikian maka unsur periode 3 yang bersifat metaloid adalah Si (silikon).space

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Perkembangan teknologi elektronik seperti komputer, laptop dan telepon genggam sangat pesat. Perangkat alat-alat elektronik tersebut menggunakan bahan semikonduktor yang terbuat dari salah satu unsur ...

Pembahasan Soal:

Silikon bersifat semilogam sehingga sangat baik untuk bahan semikonduktor selain itu sifatnya yang ringan dan mudah didapat sangat menguntungkan.

0

Roboguru

Bagaimana cara memisahkan silikon dari kuarsa? Tuliskan reaksinya.

Pembahasan Soal:

Silikon terdapat dalam bentuk silika yang berupa kristal murni silika biasa disebut dengan kuarsa. Silikon dapat dibuat dari kuarsa melalui proses reduksi Si O subscript 2 dengan menggunakan karbon sebagai reduktor. Campuran antara silika dengan karbon dipanaskan dalam suatu tanur listrik pada temperatur 3000 space degree C. Persamaan reaksi reduksi Si O subscript 2 sebagi berikut.
 

Si O subscript 2 open parentheses italic s close parentheses and C open parentheses italic s close parentheses yields Si open parentheses italic s close parentheses and C O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses 
 

Dengan demikian, pemisahan silikon dari kuarsa berdasarkan reduksi kuarsa (Si O subscript 2) dan menggunakan karbon sebagai reduktor.

Jadi, silikon dapat dibuat dari reduksi kuarsa dengan reaksi

Si O subscript 2 open parentheses italic s close parentheses and C open parentheses italic s close parentheses yields Si open parentheses italic s close parentheses and C O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses

0

Roboguru

Beberapa jenis senyawa silikon yang penting adalah silikat dan siloksan. Jelaskan yang dimaksud dengan kedua senyawa tersebut serta tuliskan kegunaannya masing-masing!

Pembahasan Soal:

Silikat memiliki rumus molekul left parenthesis Si O subscript 3 to the power of 2 minus sign end exponent right parenthesis subscript n. Manfaat dari silikat adalah bahan untuk membuat kaca, fiber glass dan serat optik. Rumus molekul siloksan adalah open parentheses C subscript 6 H subscript 5 close parentheses subscript 3 Si O Si open parentheses C subscript 6 H subscript 5 close parentheses subscript 3 right parenthesis. Senyawa tersebut digunakan dalam operasi plastik, pelarut, pembersih, bahan mengkilap seperti semir sepatu.

Jadi, silikat dan siloksan memiliki kegunaan dan rumus molekul masing-masing.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved