Iklan

Iklan

Pertanyaan

Antara larutan berikut yang mempunyai bilangan ion oksonium ( H 3 ​ O + ) paling banyak adalah ....

Antara larutan berikut yang mempunyai bilangan ion oksonium () paling banyak adalah ....space

  1. 1 mL asam etanoat 1 Mspace

  2. 1 mL asam klorida 1 Mspace

  3. 1 mL asam oksalat 1 Mspace

  4. 1 mL asam sulfat 1 Mspace

  5. 1 mL asam karbonat 1 Mspace

Iklan

Q. 'Ainillana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah D.

jawaban yang benar adalah D.space

Iklan

Pembahasan

Jumlah ion oksonium ( H 3 ​ O + ) menunjukkan kekuatan asam yang dimiliki oleh suatu larutan. Semakin banyak ion H 3 ​ O + atau semakin besar konsentrasi ion H 3 ​ O + dalam suatu larutan, maka akan semakin kuat keasaman larutan tersebut. Dalam opsi jawaban, masing-masing larutan memiliki konsentrasi 1 M dan volume 1 mL, sehingga hal tersebut dapat diabaikan dan yang perlu diperhatikan hanyalah jenis dari larutan tersebut. Dari opsi jawaban yang tersedia, terdapat larutan asam kuat dan asam lemah. Asam kuat memiliki jumlah ion H 3 ​ O + yang lebih banyak dibanding asam lemah, sehingga yang perlu dipertimbangkan adalah asam klorida ( HCl ) dan asam sulfat ( H 2 ​ SO 4 ​ ) saja. Untuk menentukan larutan yang mempunyai ion H 3 ​ O + lebih banyak, maka perlu dihitung konsentrasi ion H 3 ​ O + dari asam klorida dan konsentrasi ion H 3 ​ O + dari asam sulfat. Ion H 3 ​ O + juga dapat didefinisikan sebagai ion H + , sehingga perhitungannya dapat dilakukan dengan cara berikut. 1. Menentukan konsentrasi ion dari asam klorida [ H + ] HCl ​ ​ = = = ​ valensi asam × [ HCl ] 1 × 1 M 1 M ​ 2. Menentukan ion dari asam sulfat [ H + ] H 2 ​ SO 4 ​ ​ ​ = = = ​ valensi asam × [ H 2 ​ SO 4 ​ ] 2 × 1 M 2 M ​ Dari perhitungan di atas, maka yang mempunyai bilangan ion H + atau ion H 3 ​ O + yang paling banyak adalah larutan asam sulfat ( H 2 ​ SO 4 ​ ) . Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Jumlah ion oksonium  menunjukkan kekuatan asam yang dimiliki oleh suatu larutan. Semakin banyak ion  atau semakin besar konsentrasi ion  dalam suatu larutan, maka akan semakin kuat keasaman larutan tersebut.

Dalam opsi jawaban, masing-masing larutan memiliki konsentrasi 1 M dan volume 1 mL, sehingga hal tersebut dapat diabaikan dan yang perlu diperhatikan hanyalah jenis dari larutan tersebut. Dari opsi jawaban yang tersedia, terdapat larutan asam kuat dan asam lemah. Asam kuat memiliki jumlah ion  yang lebih banyak dibanding asam lemah, sehingga yang perlu dipertimbangkan adalah asam klorida  dan asam sulfat  saja.

Untuk menentukan larutan yang mempunyai ion  lebih banyak, maka perlu dihitung konsentrasi ion  dari asam klorida dan konsentrasi ion  dari asam sulfat. Ion  juga dapat didefinisikan sebagai ion , sehingga perhitungannya dapat dilakukan dengan cara berikut.

1. Menentukan konsentrasi ion H subscript bold 3 O to the power of bold plus sign dari asam klorida

2. Menentukan ion H subscript bold 3 O to the power of bold plus sign dari asam sulfat

Dari perhitungan di atas, maka yang mempunyai bilangan ion  atau ion  yang paling banyak adalah larutan asam sulfat .

Jadi, jawaban yang benar adalah D.space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan rumus kimia senyawa asam di bawah ini : Tuliskan reaksi ionisasi lengkap (setara) masing-masing senyawa asam !

10

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia