Roboguru

Answer the following questions briefly. Read text 1 again. Find out the similarities between text 1 (Tanjung Puting National Park) and text 2 (Taj Mahal).

Pertanyaan

Answer the following questions briefly.


Read text 1 again. Find out the similarities between text 1 (Tanjung Puting National Park) and text 2 (Taj Mahal).

Pembahasan Soal:

Soal ini meminta kita membaca lagi Teks 1 (Tanjung Puting National Park) dan menemukan kesamaannya dengan teks tentang Taj Mahal ini.

Adapun kesamaan kedua teks ini adalah:

  • kedua teks ini merupakan teks deskriptif yang tujuan komunikatifnya adalah untuk memberikan penjabaran/penggambaran mengenai fisik dan sifat sebuah tempat.
  • struktur teksnya terdiri dari identikasi dan deskripsi.
  • tense yang dominan digunakan adalah Simple Present Tense.
  • penggunaan noun dan adjective.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah: There are three similarties between the two texts, they are: (1) both are descriptive texts about places; (2) the organisation of the texts includes identification and description; (3) the most dominantly used tense is Simple Present Tense; (4) the use of nouns and adjectives.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Atlaliust

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Terakhir diupdate 06 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Write a descriptive text about a famous and interesting place that you know.

Pembahasan Soal:

Soal meminta untuk menulis teks deskriptif tentang tempat yang terkenal dan menarik.

Jawaban dari soal ini beragam, tetapi tetap terpatok pada struktur deskriptif teks yaitu: 

  • identifikasi, yang mengidentifikasi objek, orang, atau tempat yang akan dideskripsikan; dan
  • deskripsi, yang menggambarkan bagian, kualitas, atau karakteristik dari objek, orang, atau tempat yang akan dijelaskan.
  • Kadang-kadang, teks deskriptif diakhiri dengan kesimpulan

Berikut adalah contoh teks deskriptif sederhana yang bisa digunakan

"Borobudur Temple

    Borobudur Temple is the largest and most luxurious Buddhist temple in Indonesia. The shape of this temple looks like a pyramid. Its greatness and huge size, makes the temple look like a towering mountain.

   Borobudur Temple consists of 3 levels. The first / lowest level is called kamadhatu. At the end of it, there are reliefs totaling 160 pieces. At the second level, there is rupadhatu. It has 4 terraces. The top level is arupadhatu. In  this level, there are no reliefs on the walls at all."

Paragraf satu merupakan identifikasi sedangkan paragraf dua merupakan deskripsi. Berikut adalah terjemahan dari contoh diatas:

"Candi Borobudur

    Candi Borobudur merupakan candi Budha terbesar dan termewah di Indonesia. Bentuk candi ini terlihat seperti piramida. Kebesaran dan ukurannya yang besar, membuat candi terlihat seperti gunung yang menjulang tinggi.

    Candi Borobudur terdiri dari 3 tingkat. Tingkat pertama/ terendah disebut kamadhatu. Di ujungnya terdapat relief yang berjumlah 160 buah. Pada tingkat kedua, ada rupadhatu. Ini memiliki 4 teras. Tingkat paling atas adalah arupadhatu. Di tingkat ini, tidak ada relief di dinding sama sekali."

0

Roboguru

B. Answer th following questions clearly and correctly! Describe briefly a tourist attraction that you have visited!

Pembahasan Soal:

Soal ini berarti "Jelaskan secara singkat tempat wisata yang pernah kamu kunjungi!" Sebagai contoh adalah Borobudur.

Dengan demikian, Borobudur is located in Magelang, Central Java. It is the biggest Buddhist temple in the world. We can see magnificent scenery when we are in the top of the temple.

Oleh karena itu, jawabannya adalah Borobudur is located in Magelang, Central Java. It is the biggest Buddhist temple in the world. We can see magnificent scenery when we in the top of the temple.

0

Roboguru

Machu Pichu, Peru Machu Pichu in Peru, which means ‘old peak’ is one of the most enigmatic ancient sites in the world. According to the legend, Machu Picchu was a sacred place. The extraordinary city...

Pembahasan Soal:

Pada jawaban B terdapat pernyataan yang tertera di dalam teks, tepatnya pada kalimat kedua paragraf pertama “According to the legend, Machu Picchu was a sacred place” (Menurut legenda, Machu Picchu merupakan tempat yang sakeral). Jawaban A salah karena tidak hanya sejarah yang menarik jutaan turis setiap tahunnya. Jawaban C salah karena hanya sebagian struktur granit abu-abu yang beratnya lebih dari 50 ton. Jawaban D salah karena struktur granit tersebut ditemukan oleh seorang arkeolog pada tahun 1911.

0

Roboguru

What place would you like to visit? Write a descriptive text about the place.

Pembahasan Soal:

Soal tersebut meminta untuk membuat desriptive text tentang suatu tempat yang ingin dikunjungi.

Untuk membuat descriptive text, terlebih dahulu harus diketahui struktur dari suatu descriptive text dan languange features yang digunakan untuk membuat teks tersebut.

Descriptive text terbagi menjadi dua bagian, yaitu identification dan descriptionIdentification adalah paragraf pertama dari teks di mana penulis mengenalkan pembaca dengan objek yang akan dideskripsikan sebelum membahasa lebih lanjutan mengenai rincian objek tersebut. Description adalah bagian dari teks di mana penulis menjelaskan objek yang dikenalkan secara rinci dan dari berbagai aspek.

Pada descriptive texttense yang digunakan adalah Simple Present Tense. Selain itu, suatu descriptive text mengandung banyak adjective karena dibutuhkan untuk mendeksripsikan berbagai aspek dari objek tersebut.

Jadi, pembuatan descriptive text dilakukan dengan mengikuti aturan-aturan yang telah dijelaskan.

0

Roboguru

One of the most interesting place to visit in Singapore is the Bird Park. It is located in the industrial area in Singapore, called Jurong. The bird park is about twelve kilometers from the centre of ...

Pembahasan Soal:

Banyak orang suka mengunjungi taman burung di sore hari karena udaranya tidak panas. Hal ini tertera pada pilihan jawaban "The weather is not hot in the afternoon" yang juga terdapat pada kalimat terakhir paragraf terakhir, yaitu "The best time to visit the park is in the early morning or late afternoon. When it is cooler." (Waktu terbaik untuk mengunjungi taman adalah pada pagi hari tau sore hari, ketik udaranya lebih sejuk). Maka jawban "The weather is not hot in the afternoon" adalah jawaban yang tepat.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved