Roboguru

Anomie adalah memudarnya nilai dan norma masyarakat sehingga terjadi ketidakjelasan antara nilai kebaikan dan keburukan. Akibatnya, segala sesuatu dilakukan hanya berdasarkan sudut pandang individu. Tindakan awal yang dapat dilakukan untuk meminimalkan masalah tersebut adalah….

Pertanyaan

Anomie adalah memudarnya nilai dan norma masyarakat sehingga terjadi ketidakjelasan antara nilai kebaikan dan keburukan. Akibatnya, segala sesuatu dilakukan hanya berdasarkan sudut pandang individu. Tindakan awal yang dapat dilakukan untuk meminimalkan masalah tersebut adalah….

  1. membentuk polisi adat untuk menjaga kelangsungan nilai dan norma masyarakat

  2. meningkatkan peran kepolisian untuk menertibkan masyarakat

  3. menunjuk tokoh masyarakat untuk menciptakan nilai sosial yang baru

  4. menaati dan tidak melakukan tindakan yang melanggar nilai dan norma masyarakat

  5. menghukum warga masyarakat yang melanggar nilai dan norma sosial

Pembahasan Soal:

Tidak adanya nilai dan norma dalam masyarakat dapat berdampak pada ketidakjelasan nilai-nilai kebenaran ataupun nilai keburukan di dalam masyarakat. Langkah pertama untuk mengatasi kondisi tersebut adalah menaati nilai dan norma yang berlaku. Selain itu, perlu dilakukan sosialisasi kepada generasi penerus secara berkesinambungan agar nilai dan norma tidak memudar.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Wahyu

Terakhir diupdate 14 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dalam perubahan sosial apabila terdapat salah satu unsur yang tidak berfungsi dengan baik dapat mengakibatkan disintegrasi sosial atau proses berpudarnya norma-norma dan nilai-nilai dalam masyarakat. ...

Pembahasan Soal:

Soal menanyakan mengenai kondisi sesuai ilustrasi pada soal.

Definisi anomie menurut Emil Durkheim adalah suatu situasi yang berada tanpa adanya norma sosial dan tanpa arah sehingga dalam kehidupan yang dijalani tidak tercipta keselarasan antara kenyataan yang diharapkan dan kenyataan sosial yang ada.

Menurut Robert K. Merton, pengertian anomi adalah kondisi sosial yang disebabkan adanya ketidakharmonisan antara tujuan unsur budaya dengan cara-cara yang dipakai untuk mencapai tujuan pada kehidupan manusia.

Berdasarkan uraian diatas, maka jawaban yang tepat adalah Anomie. 

0

Roboguru

Kondisi memudarnya nilai dan norma sosial dalam masyarakat disebut sebagai ....

Pembahasan Soal:

Poin pada soal terkait dengan perubahan nilai dan norma dalam kehidupan masyarakat. 

Dalam kehidupan masyarakat tentunya pasti ada nilai dan norma yang akan membawa masyarakat pada keteraturan dan persatuan, karena nilai dan norma terbentuk sebagai pedoman masyarakat untuk bertindak dan bertingkah laku dalam kehidupan masyarakat untuk mencapai integrasi dan keteraturan masyarakat. Ketika nilai dan norma dalam kehidupan masyarakat sudah mulai memudar maka akan terjadi banyak penyimpangan-penyimpangan dan pelanggaran nilai dan norma, kondisi ini biasanya disebut sebagai anomie. 

 Anomi adalah istilah yang diperkenalkan oleh Emile Durkheim, yang mana anomie berasal dari bahasa Yunani a-: "tanpa", dan nomos: "hukum" atau "peraturan". Kemudian secara umum anomie bisa diartikan suatu keadaan tanpa norma dan tanpa arah, sehingga dalam masyarakat tersebut tidak tercipta kesesuaian antara kenyataan yang diharapkan dan kenyataan sosial yang ada. Biasanya keadaan ini terjadi karena masyarakat memiliki banyak sekali norma dan nilai, sehingga hal itu akan menjadikan benturan-benturan dari satu nilai dengan nilai yang lain yang akan membuat mereka sulit untuk menemukan pegangan untuk mencapai keteraturan. Hal ini membuat banyak masyarakat yang kemudian melakukan penyimpangan-penyimpangan dan membuat keadaan semakin kacau. Biasanya hal ini gejala yang ada pada kehidupan masyarakat modern.  space space space space 

0

Roboguru

Suatu keadaan ketika masyarakat tidak mempunyai pegangan mengenai apa yang baik dan buruk, serta tidak bisa melihat batasan apa yang benar dan yang salah disebut dengan ….

Pembahasan Soal:

Anomi adalah kondisi tanpa adanya norma dan aturan yang membimbing dalam kehidupan sosial sehari-hari. Anomi terjadi ketika kehidupan di masyarakat sudah keluar dari nilai, norma dan berbagai aturan yang seharusnya mereka miliki. Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya kondisi perpecahan maupun konflik sosial yang memakan waktu cukup lama. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Pernyataan yang menunjukkan gambaran kondisi anomi menurut Durkheim adalah ….

Pembahasan Soal:

Menurut Durkheim, anomi adalah kondisi tanpa adanya norma dan aturan yang membimbing dalam kehidupan sosial sehari-hari. Anomi terjadi ketika kehidupan di masyarakat sudah keluar dari nilai, norma, dan berbagai aturan yang seharusnya mereka miliki. Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya kondisi perpecahan maupun konflik sosial yang memakan waktu cukup lama. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Simak kutipan artikel berikut ini!   Pada Jumat 27 Juli 2018, beredar video penghadangan ojek online oleh awak ojek pangkalan di dunia maya, diperkirakan terjadi di kawasan Pertigaan Cikoneng, Bojong...

Pembahasan Soal:

Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai kelompok dengan latar belakang yang berbeda khususnya dari segi profesi dan jenis pekerjaan. Namun, perbedaan atau berbagai unsur yang berbeda tersebut kemudian mengalami proses penyatuan akibat berbagai hal. Misalnya karena hidup bersama dan terdapat interaksi sosial secara terus menerus serta ketergantungan ekonomi yang membuat mereka dapat bersatu atau terintegrasi sebagai masyarakat Indonesia. Secara sederhana, dari contoh ini dapat terlihat bahwa masyarakat dengan latar belakang kelompok yang berbeda dapat hidup bersama menjadi satu kesatuan. Kemudian, ketika masyarakat Indonesia yang berbeda-beda dan sudah menjadi satu kesatuan ini mengalami konflik sosial hingga mengalami perpecahan atau disintegrasi sosial yang berkelanjutan dan mencapai anomie. Anomie sendiri merupakan gambaran keadaan masyarakat yang kacau tanpa memiliki keteraturan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E. space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved