Roboguru

Ani memiliki magnet ladam. Budi memiliki magnet silinder. Ketika kedua magnet tersebut didekatkan, magnet-magnet tersebut saling tolak-menolak. Apakah perbedaan bentuk magnet memengaruhi peristiwa tersebut? Jelaskan jawabanmu!

Pertanyaan

Ani memiliki magnet ladam. Budi memiliki magnet silinder. Ketika kedua magnet tersebut didekatkan, magnet-magnet tersebut saling tolak-menolak. Apakah perbedaan bentuk magnet memengaruhi peristiwa tersebut? Jelaskan jawabanmu! space 

Pembahasan Soal:

Berdasarkan sifat-sifat magnet, bentuk magnet tidak mempengaruhi peristiwa magnet Ani dan Budi yang saling tolak menolak. Perisriwa tersebut dipengaruhi oleh kutub-kutub magnet. Kutub magnet yang sejenis akan saling tolak-menolak dan kutub magnet yang tidak sejenis akan saling tarik-menarik. Jika, magnet ladam yang dimiliki Ani dan magnet silinder milik Budi saling tolak-menolak, artinya kutub-kutub magnet yang didekatkan adalah kutub magnet yang sejenis.

Jadi, bentuk magnet tidak mempengaruhi peristiwa magnet Ani dan Budi yang saling tolak menolak. Kedua magnet saling tolak-menolak karena bagian magnet yang didekatkan merupakan kutub-kutub sejenis.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved