Pertanyaan

Angka rasio ketergantungan Negara Republik Indonesia, dapat dihitung dari …. survei sensus penduduk jumlah tenaga kerja piramida penduduk

Angka rasio ketergantungan Negara Republik Indonesia, dapat dihitung dari ….

  1. survei
  2. sensus penduduk
  3. jumlah tenaga kerja
  4. piramida penduduk
  1. jika (1), (2), (3) benar  

  2. jika (1) dan (3) benar  

  3. jika (2) dan (4) benar  

  4. jika hanya (4) yang benar  

  5. jika semuanya benar  

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan

Pembahasan

Rasio ketergantungan merupakan perbandingan antara penduduk usia produktif (15-64 tahun) dan usia nonproduktif (0-14 tahun dan >64 tahun). Oleh sebab itu, untuk menentukan angka rasio ketergantungan suatu wilayah, dibutuhkan data jumlah penduduk berdasarkan usia . Data tersebut dapat diperoleh denganmelakukan sensus kependudukan danmenganalisis informasi piramida penduduk karena dari kedua hal tersebut bisa mengetahui kondisi kependudukan dari semua usia di suatu wilayah. Data survei dan jumlah tenaga kerja tidak bisa digunakan untuk menentukan angka rasio ketergantungan. Hal ini dikarenakan survei merupakan kegiatan memperoleh data kependudukan dengan tema tertentu dan tidak menggunakan seluruh penduduk yang ada pada suatu wilayah, tetapi hanya sampel saja. Sementara itu, jumlah tenaga kerja hanya memuat informasi tentangjumlah penduduk yang berada pada usia kerja, yaitu 15-64 tahun. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Rasio ketergantungan merupakan perbandingan antara penduduk usia produktif (15-64 tahun) dan usia nonproduktif (0-14 tahun dan >64 tahun). Oleh sebab itu, untuk menentukan angka rasio ketergantungan suatu wilayah, dibutuhkan data jumlah penduduk berdasarkan usia. Data tersebut dapat diperoleh dengan melakukan sensus kependudukan dan menganalisis informasi piramida penduduk karena dari kedua hal tersebut bisa mengetahui kondisi kependudukan dari semua usia di suatu wilayah.

Data survei dan jumlah tenaga kerja tidak bisa digunakan untuk menentukan angka rasio ketergantungan. Hal ini dikarenakan survei merupakan kegiatan memperoleh data kependudukan dengan tema tertentu dan tidak menggunakan seluruh penduduk yang ada pada suatu wilayah, tetapi hanya sampel saja. Sementara itu, jumlah tenaga kerja hanya memuat informasi tentang jumlah penduduk yang berada pada usia kerja, yaitu 15-64 tahun.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

163

Siti NurJihan R

Pembahasan lengkap banget Makasih ❤️

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan piramida berikut ! Piramida pada gambar menunjukkan kondisi demografi penduduk berupa....

86

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia