Angiospermae dibedakan menjadi dua, yaitu monokotil dan dikotil. Kedua kelompok tersebut dapat dibedakan dengan melakukan pengamatan struktur akar, batang, daun, dan bunga. Jelaskan perbedaan struktur tubuh dikotil dan monokotil.

Pertanyaan

Angiospermae dibedakan menjadi dua, yaitu monokotil dan dikotil. Kedua kelompok tersebut dapat dibedakan dengan melakukan pengamatan struktur akar, batang, daun, dan bunga. Jelaskan perbedaan struktur tubuh dikotil dan monokotil.space

R. Yumna

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Struktur tubuh tumbuhan monokotil dan dikotil memiliki perbedaan yaitu sebagai berikut:

  • Keping biji

Tumbuhan monokotil memiliki satu keping kotiledon, sedangkan tumbuhan dikotil memiliki dua keping kotiledon.

  • Akar

Tumbuhan monokotil memiliki perakaran serabut serta ujung akarnya dilindungi oleh koleoriza, sedangkan tumbuhan dikotil memiliki perakaran tunggang serta ujung akarnya tidak dilindungi oleh koleoriza.

  • Batang

Tumbuhan monokotil memiliki batang tidak bercabang, tidak berkambium serta ujung batangnya dilindungi oleh koleoptil. Sedangkan tumbuhan dikotil,  batangnya bercabang, berkambium, serta ujung batangnya dilindungi oleh koleoptil. Tipe pembuluh angkut pada batang monokotil yaitu kolateral tertutup (floem terletak di sebelah luar xilem, di antara xilem dan floem tidak terdapat lapisan kambium), sedangkan tipe pembuluh angkut pada batang dikotil yaitu kolateral terbuka (terdapat kambium diantara xilem dan floem).

  • Daun

Tumbuhan monokotil memiliki pertulangan daun sejajar atau melengkung, sedangkan tumbuhan dikotil memiliki pertulangan daun menyirip atau menjari.

  • Bunga

Tumbuhan monokotil bunganya memiliki jumlah petal 3 atau kelipatannya, sedangkan tumbuhan dikotil bunganya memiliki jumlah petal 2, 4, 5, atau kelipatannya.space

845

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Buatlah tabel perbedaan tumbuhan monokotil dan dikotil!

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia