Pertanyaan

Mari Peduli Lingkungan


    Limbah rumah tangga merupakan salah satu penyebab rusaknya lingkungan. Banyak orang yang belum sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan. Sehingga masih banyak orang dengan seenaknya membuang limbah rumah tangga di sembarang tempat. Jumlah limbah rumah tangga jumlahnya selalu bertambah dari hari ke hari membuat kondisi lingkungan semakin buruk jika tidak ada penanganan yang tepat.

    Banyaknya limbah rumah tangga yang dibuang di sembarang tempat akan menimbulkan masalah yang serius. Contohnya dampak buruk yang bisa ditimbulkan adalah pencemaran lingkungan, timbul berbagai penyakit, banjir, dan lain-lain. Oleh karena itu, perlu penanganan mengatasi masalah tersebut. Kesadaran diri setiap individu mengenai kebersihan lingkungan menjadi faktor penting untuk menjaga lingkungan.

    Macam-macam limbah rumah tangga yang mengganggu lingkungan adalah sisa air sabun, sampo, deterjen, sisa makan atau sisa sayuran dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga limbah rumah tangga berupa barang-barang bekas seperti perkakas rumah atau alat-alat elektronik yang sudah rusak atau sudah tidak terpakai. Limbah-limbah tersebut dapat mencemari lingkungan jika dibuang di sembarang tempat.

    Beberapa upaya yang sebaiknya bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Untuk menghindari bahaya limbah rumah tangga yang berasal dari sisa sabun mandi, deterjen, sampo, sabun cuci piring, dan lain-lain dapat dilakukan dengan cara memakai produk yang lebih ramah lingkungan. Sedangkan untuk limbah yang dapat didaur ulang, dapat dimanfaatkan untuk sesuatu yang lebih bermanfaat. Misalnya sisa sayuran dapat dimanfaatkan menjadi pupuk kompos untuk menyuburkan tanah. 

    Dampak buruk limbah dan beberapa upaya menanggulangi telah disampaikan di atas. Upaya tersebut memang bukan cara-cara ajaib yang begitu saja dapat menyelematkan lingkungan. Namun setidaknya dapat meminimalisir dampak buruk dari limbah rumah tangga di lingkungan kita. Demi kesehatan lingkungan dan kesehatan diri sendiri, mari kita mulai memperhatikan lingkungan dengan memperhatikan sisa limbah rumah tangga yang kita hasilkan sendiri.space 

Analisislah kaidah kebahasaan dalam teks persuasi di atas!

Analisislah kaidah kebahasaan dalam teks persuasi di atas!space 

  1. ...space 

A. Dwianto

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Kaidah kebahasaan dalam teks persuasi adalah sebagai berikut. Menggunakan kata bujukan (penting, harus, sepantasnya). Menggunakan kata kerja imperatif (jadikanlah, hendaknya, waspadalah) Menggunakan kata-kata teknis atau peristilahan yang berkenaan dengan topik yang dibahas. Menggunakan kata-kata penghubung yang argumentatif (jika, sebab, karena, dengan demikian, akibatnya, oleh karena itu). Menggunakan pernyataan yang bersifat opini maupun fakta. Menggunakan kata kerja mental Analisis kaidah kebahasaan pada teks di atas adalah sebagai berikut. Kata bujukan Kata bujukan dalam teks di atas adalah kata perlu yangterdapat pada kalimat Oleh karena itu, perlu penanganan mengatasi masalah tersebut. Kata kerja mental Kata kerja mentaldalam teks di atas adalah kata memperhatikan yang terdapat pada kalimat mari kita mulai memperhatikan lingkungan. Konjungsi kausalitas Konjungsi yang terdapat dalam teks di atas adalah oleh karena itu yang terdapat pada kalimat Oleh karena itu, perlu penanganan mengatasi masalah tersebut. Istilah yang sesuai dengan konteks Kata kata yang sesuai dengan konteks pada teks di atas adalah kata limbah, sampah, daur ulang, lingkungan. Pernyataan yang bersifat opini dan fakta. Kalimat yang menyatakan opini dan fakta pada teks di atas diantaranya adalah: " Macam-macam limbah rumah tangga yang mengganggu lingkungan adalah sisa air sabun, sampo, deterjen, sisa makan atau sisa sayurandan lain sebagainya" Banyaknya limbah rumah tangga yang dibuang di sembarang tempat akan menimbulkan masalah yang serius. Contohnya dampak buruk yang bisa ditimbulkan adalah pencemaran lingkungan, timbul berbagai penyakit, banjir, dan lain-lain.

Kaidah kebahasaan dalam teks persuasi adalah sebagai berikut.

  • Menggunakan kata bujukan (penting, harus, sepantasnya).
  • Menggunakan kata kerja imperatif (jadikanlah, hendaknya, waspadalah)
  • Menggunakan kata-kata teknis atau peristilahan yang berkenaan dengan topik yang dibahas.
  • Menggunakan kata-kata penghubung yang argumentatif (jika, sebab, karena, dengan demikian, akibatnya, oleh karena itu).
  • Menggunakan pernyataan yang bersifat opini maupun fakta.
  • Menggunakan kata kerja mental


Analisis kaidah kebahasaan pada teks di atas adalah sebagai berikut.

  • Kata bujukan

Kata bujukan dalam teks di atas adalah kata perlu yang terdapat pada kalimat Oleh karena itu, perlu penanganan mengatasi masalah tersebut.

  • Kata kerja mental

Kata kerja mental dalam teks di atas adalah kata memperhatikan yang terdapat pada kalimat mari kita mulai memperhatikan lingkungan.

  • Konjungsi kausalitas

Konjungsi yang terdapat dalam teks di atas adalah oleh karena itu yang terdapat pada kalimat Oleh karena itu, perlu penanganan mengatasi masalah tersebut.

  • Istilah yang sesuai dengan konteks

Kata kata yang sesuai dengan konteks pada teks di atas adalah kata limbah, sampah, daur ulang, lingkungan.

  • Pernyataan yang bersifat opini dan fakta.

Kalimat yang menyatakan opini dan fakta pada teks di atas diantaranya adalah:

"Macam-macam limbah rumah tangga yang mengganggu lingkungan adalah sisa air sabun, sampo, deterjen, sisa makan atau sisa sayuran dan lain sebagainya"

Banyaknya limbah rumah tangga yang dibuang di sembarang tempat akan menimbulkan masalah yang serius.

Contohnya dampak buruk yang bisa ditimbulkan adalah pencemaran lingkungan, timbul berbagai penyakit, banjir, dan lain-lain.undefined 

 

2rb+

5.0 (2 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Kalimat persuasif tersebut pemakaian huruf kapitalnya salah karena ....

46

1.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia