Roboguru

Analisislah jenis majas yang digunakan dalam puisi di bawah ini! Ribuan tetesan air menyerbu bumi Memaksa sang awan untuk menangis Semantara butiran-butiran bening menari diatas tanah Petir pun tak sungkan untuk mengapung Bersamaan dengan angin yang berlari menerjang alam Mungkin karena mereka bersahabat Jadi mereka selalu datang bersama

Pertanyaan

Analisislah jenis majas yang digunakan dalam puisi di bawah ini!


Ribuan tetesan air menyerbu bumi
Memaksa sang awan untuk menangis
Semantara butiran-butiran bening menari diatas tanah
Petir pun tak sungkan untuk mengapung
Bersamaan dengan angin yang berlari menerjang alam
Mungkin karena mereka bersahabat
Jadi mereka selalu datang bersamaundefined

Pembahasan Soal:

Majas adalah salah satu bentuk gaya bahasa untuk mendapatkan suasana dalam sebuah kalimat agar semakin hidup. Ada 3 jenis majas yang paling banyak digunakan pada puisi, yaitu:

  1. Majas personifikasi merupakan salah satu subjenis dari majas perbandingan, dimana gaya bahasa ini memberikan kesan seolah-olah benda mati menjadi hidup.
  2. Majas metafora ialah gaya bahasa yang selalu membandingkan suatu objek dengan objek lain dimana kedua objek tersebut mempunyai sifat hampir sama.
  3. Majas hiperbola termasuk dalam subjenis majas pertentangan. Dimana gaya bahasa ini dinyatakan secara berlebihan dibandingkan dengan kenyataan sebenarnya. Biasanya majas hiperbola digunakan untuk menciptakan kesan seperti pujian yang begitu mendalam atau untuk meminta perhatian lebih.


Berikut ini hasil analisis untuk setiap kata pada baris puisi di atas:

  • Objek yang digunakan adalah benda mati seperti pada kata air, sang awan, petir, dan angin.
  • Objek benda mati tersebut seolah-olah menjadi hidup seperti pada kata "Ribuan tetesan air menyerbu bumi", "Memaksa sang awan untuk menangis", "Semantara butiran-butiran bening menari diatas tanah", "Petir pun tak sungkan untuk mengapung", dan "Bersamaan dengan angin yang berlari menerjang alam".


Dengan demikian, berdasarkan hasil analisis di atas, majas yang digunakan dalam puisi tersebut adalah majas personifikasi.undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 12 Maret 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved