Iklan

Iklan

Pertanyaan

Analisislah faktor-faktor yang memengaruhi sistem pertahanan tubuh!

Analisislah faktor-faktor yang memengaruhi sistem pertahanan tubuh!space space 

Iklan

A. Agustina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Sistem imun atau pertahahan tubuh merupakan sekelompok sel, molekul, dan organ yang bersama-sama secara aktif mempertahankan tubuh dari serangan benda-benda asing yang menyebabkan penyakit, seperti virus, bakteri, dan jamur. Kesehatan tubuh tergantung kemampuan sistem imun dalam mengenal, menolak, dan menghancurkan bibit-bibit penyakit tersebut. Adapun faktor-faktor yang memengaruhi sistem pertahanan tubuh diantaranya yaitu: Nutrisi , makanan yang mengandung vitamin C, A, E, B6 dan B12 serta mineral seperti zat besi dan seng sangat penting untuk memelihara fungsi kekebalan. Kurangi makanan sarat lemak dan gula seperti pada makanan cepat saji karena cenderung dapat menyebabkan stres, sehingga imun mudah menurun dan berpotensi memicu penyakit. Usia , semakin bertambah usia maka sel-sel imun akan menurun pula aktivitasnya. Stres , stres yang gagal dikelola akan mempengaruhi pola makan, siklus tidur, suasana hati hingga asupan makanan yang semua ini berkaitan dengan faktor yang mempengaruhi sistem imun. Siklus tidur , menjaga pola tidur baik dari segi frekuensi maupun kualitasnya akan berpengaruh positif terhadap peningkatan daya tahan tubuh. Seperti diketahui, melambatnya kerja tubuh saat tidur dapat memberi kesempatan kepada sel-sel penyembuh untuk memperbaiki sel-sel yang rusak.

Sistem imun atau pertahahan tubuh merupakan sekelompok sel, molekul, dan organ yang bersama-sama secara aktif mempertahankan tubuh dari serangan benda-benda asing yang menyebabkan penyakit, seperti virus, bakteri, dan jamur. Kesehatan tubuh tergantung kemampuan sistem imun dalam mengenal, menolak, dan menghancurkan bibit-bibit penyakit tersebut. Adapun faktor-faktor yang memengaruhi sistem pertahanan tubuh diantaranya yaitu:

  • Nutrisi, makanan yang mengandung vitamin C, A, E, B6 dan B12 serta mineral seperti zat besi dan seng sangat penting untuk memelihara fungsi kekebalan. Kurangi makanan sarat lemak dan gula seperti pada makanan cepat saji karena cenderung dapat menyebabkan stres, sehingga imun mudah menurun dan berpotensi memicu penyakit.
  • Usia, semakin bertambah usia maka sel-sel imun akan menurun pula aktivitasnya.
  • Stres, stres yang gagal dikelola akan mempengaruhi pola makan, siklus tidur, suasana hati hingga asupan makanan yang semua ini berkaitan dengan faktor yang mempengaruhi sistem imun.
  • Siklus tidur, menjaga pola tidur baik dari segi frekuensi maupun kualitasnya akan berpengaruh positif terhadap peningkatan daya tahan tubuh. Seperti diketahui, melambatnya kerja tubuh saat tidur dapat memberi kesempatan kepada sel-sel penyembuh untuk memperbaiki sel-sel yang rusak.

194

Chalisa Ashilah Kusuma

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari! Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan mekanisme pertahanan tubuh terhadap virus!

162

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia