Roboguru

Analisis yang tepat mengenai alasan Dewan Keamanan PBB meluncurkan pasukan gabungan melawan Irak karena…

Pertanyaan

Analisis yang tepat mengenai alasan Dewan Keamanan PBB meluncurkan pasukan gabungan melawan Irak karena…

  1. Sikap Iran yang enggan menarik diri dari Kuwait

  2. sikap Irak yang yang tidak mau menarik diri dari Kuwait

  3. sikap antipati Iran yang tidak mau menarik diri dari Irak

  4. sikap tidak kooperatif Irak  yang enggan bersekutu dengan Arab Saudi

     

  5. sikap Irak yang tidak tegas terhadap desakan dunia internasional

Pembahasan Soal:

Pada pagi hari tanggal 2 Agustus 1990, Irak melancarkan serangan ke Kuwait dan dengan cepat berhasil menguasai negara tersebut. Menanggapi hal tersebut, masih di hari yang sama, yaitu tanggal 2 Agustus 1990, PBB segera mengeluarkan resolusi 660 DK PBB yang berisi kecaman terhadap Irak dan tuntutan terhadap Irak untuk menarik diri dari Kuwait. Sayangnya Irak tidak memberikan tanggapan atas resolusi 660 DK PBB, hingga akhirnya pada 9 Agustus 1990, Dewan Keamanan PBB secara bulat menyatakan tidak berlakunya aneksasi Irak atas Kuwait dan meluncurkan pasukan gabungan melawan Irak. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Terakhir diupdate 04 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.   Serangan yang dilancarkan Amerika Serikat dan koalisinya ke lrak pada tahun 2003 dilatarbelakangi oleh ...

Pembahasan Soal:

Arnerika Serikat sudah bertekad untuk menginvasi Irak yang merupakan penghasil minyak bumi terbesar di dunia dan hasil minyak Irak merupakan terbesar kedua setelah Arab Saudi. Persiapan perang diawali ketika 100.000 ten tara Arnerika Serikat dikumpulkan di Kuwait. Arnerika Serikat dan Inggris memimpin invasi ke Irak pada 19 Maret 2003, yang diberi kode "Operasi Pembebasan Irak" (Operation Iraqi Freedom). Serangan dilakukan pada 23 Maret 2003 dan berhasil menjatuhkan Baghdad pada 9 April 2003. Pada 1 Mei 2003, perang dinyatakan selesai dengan kemenangan Arnerika Serikat beserta sekutunya.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

lsu utama yang digunakan oleh Amerika Serikat untuk melakukan penyerangan kepada Irak tahun 2003 adalah ....

Pembahasan Soal:

Perang yang terjadi antara pihak Amerika Serikat dengan Irak adalah Perang Teluk III. Irak merupakan penghasil minyak bumi terbesar di dunia kedua setelah Arab Saudi. Hal ini memicu keinginan Amerika Serikat untuk menaklukkan Irak melalui invasi. Namun pihak Amerika tidak mengggunakan alasan tersebut untuk melakukan invansi terhadap Irak, melainkan menggunakan dalih atau alasan lainnya. Sebelum invasi dimulai, wakil Presiden Amerika Serikat, pada pertengahan Maret 2002, telah melakukan sejumlah lawatan ke sembilan negara Timur Tengah untuk mencari dukungan penuh dari negara-negara tersebut dalam upayanya menggulingkan pemerintahan Saddam. Meskipun dengan dalih tentang adanya kepemilikan senjata pemusnah massal di Irak, hanya Israel dan Kuwait yang menyatakan siap mendukung Amerika Serikat. Dalih ini di perkuat karena Irak sempat menolak adanya inspeksi dari tim PBB.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

Menurut Anda, selain demi menjaga perdamaian dunia, apa kepentingan Amerika Serikat ikut terlibat dalam Perang Teluk II & Ill? Jelaskan secara ringkas dan jelas.

Pembahasan Soal:

Presiden Amerika Serikat George H. W Bush bersama dengan Inggris dan Uni Soviet menguruk invasi Irak atas Kuwait. Pada 3 Agustus 1 990, Dewan Keamanan PBB mendesak Irak menarik pasukannya dari Kuwait. Tiga hari kemudian, Raja Fahd dari Arab Saudi bertemu dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Dick Cheney, untuk meminta dukungan militer Amerika Serikat tersebut, serta menyerukan kepada negara-negara anggota NATO untuk mendukung Kuwait. Pada 8 Agustus 1 990, pemerintah Irak secara resmi menganeksasi Kuwait. Pesawat-pesawat tempur pertama Angkatan Udara Amerika Serikat tiba di Arab Saudi sebagai bagian dari penambahan kekuatan militer. Nama saudi operasinya adalah Operation Desert Shield. Di darat, terdapat pasukan gabungan dari NATO yang siap siaga menghadapi serangan Irak terhadap Arab Saudi.
 
Dengan demikian, kepentingan Amerika Serikat ikut terlibat dalam Perang Teluk II & Ill karena memang memiliki kepentingannya sendiri khususnya dalam segi geopolitik untuk memiliki kekuasaan di wilayah timur tengah dan juga karena kepentingan minyak dari Amerika Serikat. 

0

Roboguru

Siapakah tokoh Irak yang ditunjuk Amerika Serikat untuk menjadi Ketua Otoritas Koalisi Sementara Pemerintahan Irak?

Pembahasan Soal:

Setelah berhasil menguasai Irak, Amerika Serikat kemudian menunjuk Paul Bremer menjadi Ketua Otoritas Koalisi Sementara (OKS) yang berwenang mengatur pemerintahan Irak.

 

0

Roboguru

Apa saja alasan yang digunakan Saddam Hussein untuk menginvasi Kuwait?

Pembahasan Soal:

Untuk menjaga reputasinya di dalam negeri, Saddam Hussein menjadikan Kuwait dan negara-negara Arab sebagai kambing hitam. Dalam rencana itu, ia kemudian mengungkit masalah perbatasan yang sejatinya telah selesai, misalnya beberapa persoalan yang diangkat adalah seperti berikut.
  1. Menuduh Kuwait menyedot minyak mentah dari ladang minyak Ar-Rumaylah yang terletak di sepanjang perbatasan kedua negara tersebut.
  2. Kuwait menolak permintaan lrak agar utang lrak kepada Kuwait sebesar 14 miliar dollar AS dihapus. Utang itu dipakai lrak untuk membiayai perang melawan Iran pada 1 980-1988. Alasan lrak menuntut penghapusan utang tersebut karena Kuwait adalah sekutu lrak dalam perang melawan Iran.
  3. Selain itu, ia juga menuduh kedua negara bersekongkol untuk menjaga harga minyak tetap rendah demi menjaga persahabatan dengan bangsa-bangsa Barat. Menurut Saddam Hussein, dengan sikap seperti itu, kedua negara itu akan terus menjadi kaki tangan Barat. Mengangkat masalah batas wilayah warisan pemerintah Ottoman, Turki. Menurutnya, Kuwait merupakan bagian yang integral dari Republik lrak. Saddam Hussein menyebutnya sebagai provinsi ke-19 lrak.undefined
Dengan demikian, alasan Saddam Husein menginvansi Kuwait karena ada keterkaitannya dengan masalah perbatasan. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved