Roboguru

Analisis dalam SIG yang digunakan untuk menjelaskan data spasial atau atribut menjadi data yang lebih mudah dipahami dan dianalisis merupakan pengertian dari ....

Pertanyaan

Analisis dalam SIG yang digunakan untuk menjelaskan data spasial atau atribut menjadi data yang lebih mudah dipahami dan dianalisis merupakan pengertian dari ....undefined

  1. klasifikasiundefined

  2. overlayundefined

  3. networkingspace space

  4. bufferingundefined

  5. interpolasiundefined

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Analisis data spasial merupakan kumpulan – kumpulan dari teknik yang dapat digunakan untuk melakukan pengolahan data SIG. Salah satu tujuan analisis spasial adalah  memperoleh nilai tambah, ekstraksi serta informasi baru yang beraspek spasial. ada beberapa teknik analisis spasial dalam sig salah satunya adalah analisis klasifikasi. Analisis klasifikasi adalah suatu kegiatan yang mengklasifikasikan kembali suatu data hingga pada akhirnya menjadi sebuah data spasial yang baru dan berdasarkan pada kriteria atau atribut tertentu. Contohnya mengklasifikasikan tata guna lahan untuk permukiman, pertanian, perkebunan, atau industri. 

Jadi, jawaban yang benar adalah A.
 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Mengelompokkan data spasial menjadi data spasial yang baru dapat menggunakan analisis ....

Pembahasan Soal:

Ada beberapa teknik analisis yang dapat digunakan dalam SIG, yaitu analisis networking, buffering, overlay, analisis tiga dimensi, klasifikasi, dan lain-lain. Semua teknik analisis ini memiliki fungsinya masing-masing. Mengelompokkkan data spasial menjadi data spasial yang baru merupakan fungsi dari analisis klasifikasi. Contohnya adalah klasifikasi penggunaan lahan berdasarkan wilayah ketinggian. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Adam seorang pengusaha ingin membuka industri di daerah pedesaan maka jenis peta yang dibutuhkan adalah...

Pembahasan Soal:

Peta yang dibutuhkan untuk membangun sebuah industri adalah peta sumber daya alam. Ketersediaan sumber daya alam sebagai bahan baku industri tentunya menjadi bahan pertimbangan utama untuk menentukan jenis industri apa yang memungkinkan untuk nantinya akan didirikan di desa tersebut. Sebelum membangun sebuah industri, Adam tentu harus melakukan pemetaan apakah bahan baku yang tersedia di alam cukup melimpah untuk kegiatan produksi dalam usahanya. Misalnya pada Peta Sumber Daya Alam Desa A terdapat perkebunan kelapa sawit yang luas, maka Adam dapat membangun industri pabrik minyak goreng.

0

Roboguru

Data yang tepat untuk ditampilkan pada hasil analisis klasifikasi dalam menentukan perbedaan kondisi wilayah berdasarkan kondisi demografis adalah ….

Pembahasan Soal:

Analisis klasifikasi berarti menggolongkan. Hal ini berarti analisis ini menitikberatkan perbedaan/golongan-golongan data berdasarkan kondisi-kondisi tertentu untuk dapat dianalisis lebih lanjut. Contohnya adalah untuk menentukan perbedaan wilayah berdasarkan kondisi sosial-ekonomi (permukiman kelas bawah-menengah-atas), kondisi demografis (wilayah kepadatan penduduk rendah-sedang-tinggi), kondisi kesehatan (wilayah gizi buruk-gizi seimbang), dan lain sebagainya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Penentuan tingkat kesesuaian lahan dapat dilakukan dengan analisis sistem informasi geografi. Hasil analisis menunjukkan bahwa daerah yang dianalisis sesuai untuk budidaya tanaman kopi. Karakteristik ...

Pembahasan Soal:

Untuk mengembangkan perkebunan kopi dengan baik, dibutuhkan syarat-syarat lingkungan hidup yang mendukung. Salah satu syarat tersebut adalah ketinggian tempat antara 600 - 1500 Mdpl. Hal ini sesuai dengan pembagian vegetasi berdasarkan ketinggian menurut J.W Junghuhn, dimana kopi termasuk vegetasi daerah sedang, dengan ketinggian 600 - 1500 Mdpl.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.undefined

0

Roboguru

Sebelum data diperoleh maka dilakukan ...

Pembahasan Soal:

Tahapan kerja SIG meliputi:

  • Tahap masukan data/ input data, yaitu memasukan data spasial informasi geosfera yang dapat berwujud tabel, grafik, data digital, foto udara, peta dan lain-lain. 
  • Pengolahan data untuk pengorganisasian data keruangan, pengambilan dan analisis data. 
  • Analisis dan manipulasi data dapat menentukan informasi-informasi yang dapat dihasilkan oleh SIG dan berfungsi untuk membedakan data yang akan diproses dalam SIG.
  • Tahap keluaran data/ output data berfungsi untuk menayangkan hasil analisis data geografis secara kualitatif ataupun kuantitatif.

Sebelum dilakukan pengolahan pada data yang diperoleh, langkah yang dilakukan adalah input data. Proses ini bertujuan untuk memasukkan data spasial ke dalam sistem.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved