Iklan

Iklan

Pertanyaan

Analisa oleh kalian perbedaan antara energi potensial dan energi kinetik masing-masing posisi yang ditunjukkan roller coster yaitu posisi A, B, dan C.

Analisa oleh kalian perbedaan antara energi potensial dan energi kinetik masing-masing posisi yang ditunjukkan roller coster yaitu posisi A, B, dan C. space 

  1. Posisi A (EP minimum), Posisi B (EK maksimum), Posisi C (EK besar)begin mathsize 14px style space end style  

  2. Posisi A (EP maksimum), Posisi B (EP minimum), Posisi C (EP besar)begin mathsize 14px style space end style  

  3. Posisi A (EP maksimum), Posisi B (EP minimum), Posisi C (EP kecil)begin mathsize 14px style space end style  

  4. Posisi A (EP maksimum), Posisi B (EP maksimum), Posisi C (EP kecil)begin mathsize 14px style space end style  

  5. Posisi A (EP minimum), Posisi B (EP maksimum), Posisi C (jumlah EP dan EK ada di titik C)begin mathsize 14px style space end style  

Iklan

A. Aulia

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.space 

Iklan

Pembahasan

Hukum kekekalan energi mekanik menyatakanbahwa jumlah energi mekanik benda yang dipengaruhi oleh gaya gravitasi adalah tetap. Energi mekanik didefinisikan sebagai penjumlahan antara energi kinetik dan energi potensial.Saat benda jatuh, pada titik tertinggi energi potensialnya maksimum,makin berkurang ketinggiannya makin kecil energi potensialnya, sedangkan energi kinetiknya makin besar. Ketika benda mencapai titik terendah, energi potensialnya minimumdan energi kinetiknya maksimum. Pada Soal Ini Diketahui: Jawaban: Analisa Energi Setiap Posisi Posisi A Posisi A memiliki ketinggian yang paling tinggi dibanding posisi lain. Pada posisi ini roller coster tepat akan bergerak sehinggamemiliki energi potensial maksimum dan energi kinetik minimum. Posisi B Posisi Bmemiliki ketinggian yang paling rendahdibanding posisi lain. Pada posisi ini roller coster memiliki energi potensial minimum dan energi kinetik maksimum. Posisi C Posisi Cmemiliki ketinggian yang paling rendah dibanding posisi A. Pada posisi ini roller coster tepat akan bergerak sehinggamemiliki energi potensial kecil. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Hukum kekekalan energi mekanik menyatakan bahwa jumlah energi mekanik benda yang dipengaruhi oleh gaya gravitasi adalah tetap. Energi mekanik didefinisikan sebagai penjumlahan antara energi kinetik dan energi potensial. Saat benda jatuh, pada titik tertinggi energi potensialnya maksimum,  makin berkurang ketinggiannya makin kecil energi potensialnya, sedangkan energi kinetiknya makin besar. Ketika benda mencapai titik terendah, energi potensialnya minimum dan energi kinetiknya maksimum.

Pada Soal Ini

Diketahui:

Jawaban:

Analisa Energi Setiap Posisi

Posisi A

Posisi A memiliki ketinggian yang paling tinggi dibanding posisi lain. Pada posisi ini roller coster tepat akan bergerak sehingga memiliki energi potensial maksimum dan energi kinetik minimum.

Posisi B

Posisi B memiliki ketinggian yang paling rendah dibanding posisi lain. Pada posisi ini roller coster memiliki energi potensial minimum dan energi kinetik maksimum.

Posisi C

Posisi C memiliki ketinggian yang paling rendah dibanding posisi A. Pada posisi ini roller coster tepat akan bergerak sehingga memiliki energi potensial kecil.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

38

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan ilustrasi benda yang jatuh bebas seperti gambar! Pernyataan yang benar adalah …

189

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia