Iklan

Iklan

Pertanyaan

Anak tukang becak memperoleh predikat lulusan terbaik saat diwisuda. Dari kerja kerasnya tersebut dia memperoleh beasiswa ke Inggris untuk melanjutkan studinya. Status yang diperoleh anak tersebut melalui cara ....

Anak tukang becak memperoleh predikat lulusan terbaik saat diwisuda. Dari kerja kerasnya tersebut dia memperoleh beasiswa ke Inggris untuk melanjutkan studinya. Status yang diperoleh anak tersebut melalui cara ....

  1. achieved status

  2. ascribed status

  3. assigned status

  4. status conflict

  5. role conflict

Iklan

D. Nur

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Cara memperoleh status terbagi menjadi 3, yaitu: Ascribed status adalah kedudukan yang diperoleh secara otomatis tanpa usaha sejak individu lahir. Contohnya gelar bangsawan yang diperoleh seorang anak dari orang tuanya sejak lahir. Achieved status adalah kedudukan yang diperoleh seorang dengan usaha atau disengaja. Contohnya perolehan gelar sarjana, magister, dan doktor. Contoh lainnya seperti perolehan jabatan gubernur ataupun presiden. Assigned status merupakan kombinasi dari perolehan status melalui usaha dan status diperoleh secara otomatis. Status ini diperoleh melalui penghargaan atau pemberian dari pihak lain. Contohnya gelar pahlawan dan siswa teladan. Berdasarkan penjelasan di atas dan mengacu pada soal, anak tukang becak memperoleh predikat lulusan terbaik saat diwisuda dan mendapat beasiswa ke Inggris untuk melanjutkan studinya karena kerja kerasnya merupakan contoh dari achieved status.

Cara memperoleh status terbagi menjadi 3, yaitu:

  • Ascribed status adalah kedudukan yang diperoleh secara otomatis tanpa usaha sejak individu lahir. Contohnya gelar bangsawan yang diperoleh seorang anak dari orang tuanya sejak lahir.
  • Achieved status adalah kedudukan yang diperoleh seorang dengan usaha atau disengaja. Contohnya perolehan gelar sarjana, magister, dan doktor. Contoh lainnya seperti perolehan jabatan gubernur ataupun presiden.
  • Assigned status merupakan kombinasi dari perolehan status melalui usaha dan status diperoleh secara otomatis. Status ini diperoleh melalui penghargaan atau pemberian dari pihak lain. Contohnya gelar pahlawan dan siswa teladan.

Berdasarkan penjelasan di atas dan mengacu pada soal, anak tukang becak memperoleh predikat lulusan terbaik saat diwisuda dan mendapat beasiswa ke Inggris untuk melanjutkan studinya karena kerja kerasnya merupakan contoh dari achieved status.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

21

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Keberhasilan Yuda dalam usaha pembibitan jamur mengantarkannya menjadi pengusaha sukses. Padahal Yuda tidak memiliki latar belakang pendidikan pertanian. Status sosial Yuda dapat dikategorikan sebagai...

37

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia