Iklan

Iklan

Pertanyaan

Amonia adalah senyawa kimia dengan rumus NH 3 ​ ,berwujud gas, dan memiliki bau tajam yang khas. Amonia Iarut dalam air dan bersifat basa lemah, sebab membentuk sistem kesetimbangan dengan ion ammonium dan ion hidroksida. Berdasarkan analisis kuantitatif, telah diketahui nilai tetapan keseimbangan basa lemah ( Kb ) larutan amonia sebesar 1 , 0 × 1 0 − 5 pada suhu 2 5 ∘ C . Dalam sebuah percobaan, sebanyak 22,4 liter gas amonia (STP) dilarutkan dalam air membentuk 1 liter larutan. Sejumlah larutan amonia tersebut diencerkan hingga membentuk 100 mL larutan amonia 0,2 M, yang kemudian dititrasi dengan 200 mL larutan asam klorida (HCI) 0,1 M. Persamaan reaksi kesetimbangan larutan amonia yang tepat berdasarkan informasi di atas adalah ...

Amonia adalah senyawa kimia dengan rumus , berwujud gas, dan memiliki bau tajam yang khas. Amonia Iarut dalam air dan bersifat basa lemah, sebab membentuk sistem kesetimbangan dengan ion ammonium dan ion hidroksida. Berdasarkan analisis kuantitatif, telah diketahui nilai tetapan keseimbangan basa lemah () larutan amonia sebesar  pada suhu . Dalam sebuah percobaan, sebanyak 22,4 liter gas amonia (STP) dilarutkan dalam air membentuk 1 liter larutan. Sejumlah larutan amonia tersebut diencerkan hingga membentuk 100 mL larutan amonia 0,2 M, yang kemudian dititrasi dengan 200 mL larutan asam klorida (HCI) 0,1 M.

Persamaan reaksi kesetimbangan larutan amonia yang tepat berdasarkan informasi di atas adalah ...

  1.  

  2.  

  3.  

  4.  

  5.  

Iklan

Q. 'Ainillana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

persamaan reaksi kesetimbangan larutan amonia yang tepat berdasarkan informasi di atas adalah NH 3 ​ ( g ) + H 2 ​ O ( l ) ⇌ NH 4 ​ ( a q ) + OH − ( a q ) .

persamaan reaksi kesetimbangan larutan amonia yang tepat berdasarkan informasi di atas adalah .

Iklan

Pembahasan

Opsi yang tepat adalah B. Berdasarkan soal di atas, diketahui bahwa amonia dilarutkan dalam air membentuk kesetimbangan dengan ion amonium dan ion hidroksida, maka dalam reaksinya akan terjadi sistem kesetimbangan reversible (dua arah) yang menghasilkan ion ammonium dan ion hidroksida. Reaksi kesetimbangannyasebagai berikut: NH 3 ​ ( g ) + H 2 ​ O ( l ) ⇌ NH 4 ​ ( a q ) + OH − ( a q ) Jadi, persamaan reaksi kesetimbangan larutan amonia yang tepat berdasarkan informasi di atas adalah NH 3 ​ ( g ) + H 2 ​ O ( l ) ⇌ NH 4 ​ ( a q ) + OH − ( a q ) .

Opsi yang tepat adalah B.


Berdasarkan soal di atas, diketahui bahwa amonia dilarutkan dalam air membentuk kesetimbangan dengan ion amonium dan ion hidroksida, maka dalam reaksinya akan terjadi sistem kesetimbangan reversible (dua arah) yang menghasilkan ion ammonium dan ion hidroksida. Reaksi kesetimbangannya sebagai berikut:

Jadi, persamaan reaksi kesetimbangan larutan amonia yang tepat berdasarkan informasi di atas adalah .

Latihan Bab

Pendahuluan Kesetimbangan Kimia

Konsep Kesetimbangan Kimia

Konstanta Kesetimbangan (K)

Konstanta Kesetimbangan Konsentrasi (Kc)

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

145

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan dengan contoh perbedaan antara reaksi reversibel dan reaksi irreversibel.

6rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia