Iklan

Iklan

Pertanyaan

Amir Hamzah lahir di Tanjung Pura, Langkat, Sumatra Timur, 28 Februari 1911. Beliau adalah sastrawan Indonesia Angkatan Pujangga Baru. Ia lahir dalam lingkungan keluarga banqsawan Melayu dan banyak berkecimpung dalam kegiatan sastra dan kebudayaan Melayu. Amir Hamzah bersekolah dan tinggal di Pulau Jawa pada saat pergerakan kemerdekaan. Ia memperkaya dirinya dengan kebudayaan modern, kebudayaan Jawa, dan kebudayaan Asia yang lain. Amir Hamzah dalam kumpulan sajak Buah Rindu (1941) yang ditulis antara tahun 1928 dan tahun 1935 terlihat jelas perubahan perlahan saat lirik pantun dan syair Melayu menjadi sajak yang lebih modern. Hamzah tidak hanya menjadi penyair besar pada zaman Pujangga Baru, tetapi juga menjadi penyair yang diakui kemampuannya dalam bahasa Melayu-lndonesia hingga sekarang. Di tangannya, bahasa Melayu mendapat penghargaan hingga zaman sekarang. Mengapa Amir Hamzah menjadi penyair yang diakui kemampuannya dalam bahasa Melayu-Indonesia?

      Amir Hamzah lahir di Tanjung Pura, Langkat, Sumatra Timur, 28 Februari 1911. Beliau adalah sastrawan Indonesia Angkatan Pujangga Baru. Ia lahir dalam lingkungan keluarga banqsawan Melayu dan banyak berkecimpung dalam kegiatan sastra dan kebudayaan Melayu. Amir Hamzah bersekolah dan tinggal di Pulau Jawa pada saat pergerakan kemerdekaan. Ia memperkaya dirinya dengan kebudayaan modern, kebudayaan Jawa, dan kebudayaan Asia yang lain. Amir Hamzah dalam kumpulan sajak Buah Rindu (1941) yang ditulis antara tahun 1928 dan tahun 1935 terlihat jelas perubahan perlahan saat lirik pantun dan syair Melayu menjadi sajak yang lebih modern. Hamzah tidak hanya menjadi penyair besar pada zaman Pujangga Baru, tetapi juga menjadi penyair yang diakui kemampuannya dalam bahasa Melayu-lndonesia hingga sekarang. Di tangannya, bahasa Melayu mendapat penghargaan hingga zaman sekarang.

Mengapa Amir Hamzah menjadi penyair yang diakui kemampuannya dalam bahasa Melayu-Indonesia?

  1. la berkecimpung dalam kegiatan sastra dan kebudayaan Melayu.

  2. Amir Hamzah tinggal di Pulau Jawa pada saat kemerdekaan.

  3. la memperkaya dirinya dengan kebudayaan modern.

  4. la menjadi penyair besar pada zaman Pujangga baru.

  5. la menjadikan bahasa Melayu dihargai hingga zaman sekarang 

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.

jawaban yang tepat adalah E. 

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut ialah Ia menjadikan bahasa Melayu dihargai hingga zaman sekarang. Hal ini sesuai yang dijelaskan dalam kalimat terakhir teks tersebut, yakni “ Di tangannya, bahasa Melayu mendapatkan penghargaan hingga zaman sekarang. ” Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut ialah Ia menjadikan bahasa Melayu dihargai hingga zaman sekarang. Hal ini sesuai yang dijelaskan dalam kalimat terakhir teks tersebut, yakni Di tangannya, bahasa Melayu mendapatkan penghargaan hingga zaman sekarang. Jadi, jawaban yang tepat adalah E. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

30

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bacalah teks biografi berikut! Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto lahir di Ponorogo pada tanggal 6 Agustus 1882. Ayahnya bernama R.M. Tjokroamiseno, salah seorang pejabat pemerintahan pada saat ...

142

3.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia