RoboguruRoboguru
SD

Amin dipilih sebagai informan penelitian karena ia adalah satu-satunya orang yang mengerti permasalahan yang sedang diteliti. SEBAB Penentuan informan yang memahami permasalahan penelitian akan menghasilkan data yang menyeluruh dan mendalam dalam penelitian kualitatif. Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah ...

Pertanyaan

Amin dipilih sebagai informan penelitian karena ia adalah satu-satunya orang yang mengerti permasalahan yang sedang diteliti.

SEBAB

Penentuan informan yang memahami permasalahan penelitian akan menghasilkan data yang menyeluruh dan mendalam dalam penelitian kualitatif.

Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah ...space space 

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.space space 

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.space space 

  3. Pernyataan benar dan alasan salah.space space 

  4. Pernyataan salah dan alasan benar.space space 

  5. Pernyataan dan alasan salah.space space 

R. Wahyu

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dapat disimpulkan jawaban yang tepat adalah A.space space space space space space space 

Pembahasan

Poin pada soal ini membahas mengenai konsep menentukan informan dalam penelitian kualitatif.space space 

Konsep pada soal berkaitan dengan jenis penelitian kualitatif yang merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Sehingga data yang diperoleh dan diolah pada penelitian ini akan berupa data deskriptif yang terperinci pada sebuah objek penelitian. Dalam proses penelitian kualitatif seorang peneliti biasanya menentukan objek penelitian , yang kemudian dipilih sorang informan yang akan membantu dalam proses penggalian data. Yang mana pada informan ini merupakan orang yang akan memberikan informasi terkait permasalahan yang diteliti kepada seorang peneliti. 

Dari penjelasan diatas jika dianalisis dan dikaitkan pada pernyataan pada soal bahwa, Amin dipilih sebagai informan penelitian karena ia adalah satu-satunya orang yang mengerti permasalahan yang sedang diteliti. Pada pernyataan ini menunjukan pernyataan benar, karena informan diambil sebagai narasumber karena ia mengerti permasalahan yang sedang diteliti. Untuk menentukan informan penelitian kualitatif menggunakan  teknik purposive sampling, yaitu cara penentuan informan yang ditetapkan secara sengaja atas dasar kriteria atau pertimbangan tertentu. Sehingga dengan demikian informan yang dipilih seorang yang mendalami secara mendalam pada suatu permasalahan. 

Semenetara, pada kalimat alasan bahwa penentuan informan yang memahami permasalahan penelitian akan menghasilkan data yang menyeluruh dan mendalam dalam penelitian kualitatif. Kalimat alasan ini menunjukan alasan yang benar, karena dalam penentuan informan dalam penelitian kualitatif menekankan pemahaman yang mendalam terhadap suatu masalah. Sehingga seorang peneliti dituntut untuk mendapatkan data yang menyeluruh dan mendalam. Dalam penentuan informan dalam hal ini harus benar-benar yang mengerti permasalahan yang terjadi dalam penelitian. dan akan menghasilkan data yang valid dan dapat menjawab permasalahan dalam penelitian tersebut. Informasi yang diinginkan juga dapat diperoleh dengan cepat.

Dari penjelasan diatas disimpulkan pernyatan benar, alasan benar, dan memiliki hubungan sebab-akibat.space space 

Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang tepat adalah A.space space space space space space space 

389

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan ilustrasi berikut! Terjadi tawuran antarpelajar kelas menengah atas yang membuat khawatir masyarakat sekitar, setelah diselidiki terdapat 5 orang pelaku utama yang ditangkap oleh pihak kep...

23

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia