Roboguru

Amati indikator dibawah ini ! A. Ilmu yang mempelajari masyarakat modern B. Ilmu terapan C. Ilmu yang mempelajari kebudayaan, termasuk unsur-unsur kebudayaan D. Ilmu murni E. llmu yang mempelajari tentang masyarakat Dari indikator di atas, sosiologi sebagai suatu ilmu yang berdiri sendiri mempunyai hubungan dengan kalimat nomor ...

Pertanyaan

Amati indikator dibawah ini !

A. Ilmu yang mempelajari masyarakat modern

B. Ilmu terapan

C. Ilmu yang mempelajari kebudayaan, termasuk unsur-unsur kebudayaan

D. Ilmu murni

E. llmu yang mempelajari tentang masyarakat

Dari indikator di atas, sosiologi sebagai suatu ilmu yang berdiri sendiri mempunyai hubungan dengan kalimat nomor ... 

  1. A, B, C 

  2. A, C, D 

  3. A, D, E 

  4. B, C, E 

  5. B, D, E 

Pembahasan Soal:

Soal menanyakan mengenai indikator sosiologi sebagai ilmu yang berdiri sendiri.

Sosiologi dapat dikatakan sebagai ilmu sejauh sosiologi mendasarkan penelaahannya pada bukti-bukti ilmiah dan metode-metode ilmiah. Ciri sosiologi sebagai ilmu, terdiri dari:

  1. Empiris, yaitu sosiologi berdasarkan pada observasi dan penalaran, bukan atas dasar wahyu atau hasil spekulasi.
  2. Teoritis, yaitu sosiologi berusaha memberi ikhtisar yang menunjukan hubungan pernyataan atau proporsi-proporsi secara logis.
  3. Kumulatif, yaitu teori-teori sosiologi dibangun atas dasar teori yang sudah ada. Teori-teori baru yang lebih besar dan luas, pada dasarnya merupakan penyempurnaan teori yang sudah ada.
  4. Non-etis, yaitu sosiologi bukan ajaran tentang tata susila. Para sosiolog tidak membicarakan apakah suatu tingkah laku sosial itu baik atau buruk. Tugas seorang sosiolog adalah mengungkap atau menerangkan tindakan sosial sebagai fakta sosial.

Indikator diatas yang menunjukkan sosiologi sebagai suatu ilmu yang berdiri sendiri yaitu :

  • Ilmu yang mempelajari masyarakat modern

  • Ilmu terapan

  • llmu yang mempelajari tentang masyarakat

Sedangkan indikator Ilmu terapan dan Ilmu yang mempelajari kebudayaan, termasuk unsur-unsur kebudayaan bukan merupakan indikator yang menunjukkan sosiologi sebagai ilmu yang berdiri sendiri.

Berdasarkan uraian di atas, maka jawaban yang tepat adalah C. A, D, E 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Y. Fernanda

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sosiologi merupakan ilmu murni karena ....

Pembahasan Soal:

Sebagai ilmu murni, sosiologi bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan yang sedalam-dalamya tentang masyarakat, bukan untuk mempergunakan pengetahuan tersebut terhadap masyarakat. Hakikat dari ilmu pengetahuan murni adalah ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan ilmu pengetahuan secara abstrak hanya untuk mempertinggi mutunya, tanpa menggunakannya dalam masyarakat. Sehingga dapat dikatakan bahwa sosiologi merupakan ilmu murni karena pada prosesnya berupaya untuk mengembangkan pengetahuan yang diambil dari hasil obeservasi gejala dan fenomena sosial di masyarakat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah Dundefined 

 

Roboguru

Ilmu pengetahuan bertujuan untuk membentuk, mengembangkan dan mempertinggi mutu tanpa menggunakan ilmu tersebut di masyarakat menunjukkan sosiologi sebagai ….

Pembahasan Soal:

Ilmu murni adalah Ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk membentuk, mengembangkan dan mempertinggi mutu tanpa menggunakan ilmu tersebut di masyarakat. Seorang peneliti atau sosiolog yang melakukan penelitian di masyarakat, terkadang hanya menerapkan sosiologi sebagai ilmu murni. Karena ingin menjawab kenapa dan bagaimana proses atau struktur yang ada di masyarakat, tanpa memberikan solusi pemecahannya. Hal ini sesuai dengan definisi ilmu murni, yaitu ilmu pengetahuan tanpa digunakan di masyarakat. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Jelaskan manfaat apa saja yang dapat diperoleh dari mempelajari sosiologi?

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah manfaat mempelajari sosiologi.

Ilmu sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku sosial bermasyarakat antara individu dengan individu, individu dengan kolompok, dan kelompok dengan kelompok. Sebagai ilmu pengetahuan, sosiologi disebut sebagai ilmu murni dan ilmu terapan. Sebagai ilmu murni, sosiologi membentuk dan mengembangkan pengetahuan secara abstrak guna mempertinggi mutu pengetahuan tersebut. Sebagai ilmu terapan, sosiologi dapat diterapkan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari secara nyata.

Dengan demikian, manfaat yang diperoleh dari mempelajari sosiologi sebagai ilmu murni adalah mendapatkan pengetahuan tentang berbagai bentuk realita sosial yang terjadi di masyarakat dan dapat mengkaji suatu permasalahan yang terjadi antarindividu dan antarkelompok. Sedangkan, manfaat mempelajari sosiologi sebagai ilmu terapan adalah individu menjadi lebih tanggap dan kritis terhadap gejala-gejala sosial, memahami perbedaan-perbedaan yang ada di masyarakat, dan mampu membantu untuk kontrol segala tindakan sosial anggota masyarakat.space space 

Roboguru

Sosiologi dapat memberikan sumbangan berkaitan dengan cara kerja yang sistematis dalam suatu penelitian sosial maupun pemecah masalah sosial sehingga dapat mencapai tujuan sesuai dengan harapan masyar...

Pembahasan Soal:

Salah satu fungsi ilmu sosiologi adalah berguna dalam perencanaan pembangunan. Pembangunan disini bisa diartikan sebagai adanya perubahan yang dilakukan secara terencana dan juga terarah. Sebagai suatu proses pembangunan yang memilik tujuan guna meningkatkan kehidupan masyarakat menuju arah yang lebih baik lagi. Fungsi sosiologi dalam pembangunan merupakan langkah guna memberikan berbagai macam data sosial. Yang dibutuhkan dalam tahapan perencanaan, pelaksanaan dan juga tahapan penilaian pembangunan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space space 

Roboguru

Jelaskan batas sosiologi murni dan sosiologi terapan dalam hal mengkaji pertumbuhan penduduk!

Pembahasan Soal:

Batasan sosiologi murni dalam mengkaji pertumbuhan penduduk adalah mencari pengetahuan mengenai pertumbuhan penduduk, misalnya faktor yang menyebabkan pertumbuhan penduduk, dampak pertumbuhan penduduk dan lain sebagainya. Sedangkan batasan sosiologi terapan adalah mencari pemecahan masalah pertumbuhan penduduk.space space  

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved