Iklan

Iklan

Pertanyaan

Cermati kutipan cerpen berikut!


    Seorang gadis gemuk yang duduk paling belakang menggerakkan kepalanya. Namanya Sally. Semua temannya memutar kepala untuk melihatnya. Dia menunduk karena didengarnya bisik-bisik, “Oh, si raksasa itu.” Wajah Sally terasa merah dan panas. Ia ingin menangis. Semua kawannya menjuluki dia si gemuk, si raksasa, bola, ah. Ia baru mengangkat wajahnya ketika anak-anak sudah tidak memandangnya lagi, kini mereka memandangnya dengan takut.

    Sally memandang Nona Lily yang ramping manis itu. Ia ingin menjadi Nona Lily. Selalu jadi pusat perhatian anak-anak. Kalau dia itu Nona Lily, tak seorang pun anak yang akan mengejeknya. 

    “Rupanya kalian sudah tahu siapa dia. Sally Hanifa. Seorang anak yang akan selalu saya ingat. Lihat dia, patuh, cerdas, pendiam. Tidak seperti kalian. Ribut, ribut, pikiran ke mana-mana.”

    Sampai jam pelajaran selesai, Nona Lily terus memuji Sally. Ia ingin mencambuk anak-anak lain agar terdorong untuk serius dan pandai seperti Sally. Anak-anak diam, mereka serba salah. Iri, sebenarnya mereka pun mengagumi kecerdasan Sally.

Jendela Kecil, Souzan Kresidaundefined

Amanat kutipan novel tersebut adalah….

Amanat kutipan novel tersebut adalah…. 

Iklan

A. Dwianto

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

amanat kutipan novel di atas adalah jangan menilai sesuatu atau seseorang hanya dari penampilan luarnya saja.

amanat kutipan novel di atas adalah jangan menilai sesuatu atau seseorang hanya dari penampilan luarnya saja.undefined 

Iklan

Pembahasan

Salah satu unsur intrinsik adalah amanat. Amanat merupakan pesan moral yang terkandung di dalam cerita. Amanat kutipan novel di atas adalah jangan menilai sesuatu atau seseorang hanya dari penampilan luarnya saja . Seperti Sally dalam kutipan novel di atas, ia sering menjadi ejekan teman-temannya karena memiliki badan yang besar, padahal di balik itu semua Sally merupakan gadis yang rajin dan pintar. Dengan demikian, amanat kutipan novel di atas adalah jangan menilai sesuatu atau seseorang hanya dari penampilan luarnya saja.

Salah satu unsur intrinsik adalah amanat. Amanat merupakan pesan moral yang terkandung di dalam cerita. Amanat kutipan novel di atas adalah jangan menilai sesuatu atau seseorang hanya dari penampilan luarnya saja. Seperti Sally dalam kutipan novel di atas, ia sering menjadi ejekan teman-temannya karena memiliki badan yang besar, padahal di balik itu semua Sally merupakan gadis yang rajin dan pintar.

Dengan demikian, amanat kutipan novel di atas adalah jangan menilai sesuatu atau seseorang hanya dari penampilan luarnya saja.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dari novel diatas dapat kita ketahui bahwa ….

2

4.4

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia