Iklan

Iklan

Pertanyaan

Alkohol primer dioksidasi menghasilkan alkanal (aldehida), jika dioksidasi lebih lanjutmenghasilkan asam alkanoat (asam karboksilat). Berdasarkan reaksi dibawah ini, A adalahsenyawa aldehida dan B adalah oksidator. Tentukan A dan B, serta lengkapi reaksi tersebut !

Alkohol primer dioksidasi menghasilkan alkanal (aldehida), jika dioksidasi lebih lanjut menghasilkan asam alkanoat (asam karboksilat). Berdasarkan reaksi dibawah ini, A adalah senyawa aldehida dan B adalah oksidator. Tentukan A dan B, serta lengkapi reaksi tersebut !

 

Iklan

I. Yassa

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Apabila alkohol primer dioksidasi, satu atom oksigen dari oksidator akan menyerang atom H-karbonil, yaitu atom H yang terikat pada atom karbon karbinol (atom karbon yang mengikat gugus ). PCC merupakanPiridinium klorokromat yang merupakan oksidator alkohol (1-propanol) menjadi karbonil (propanal). Aldehid yang dihasilkan kemudian dapat dioksidasi lebih lanjut lagi sehingga menghasilkan asam karboksilat (asam propionat). Oksidator yang dapat digunakan adalahkalium dikromat ( ) atau kallium permanganat ( ). Pada reaksi ini kita gunakan kalium permanganat ( ). Sehingga reaksi lengkapnya adalah: Jadi, persamaan reaksi lengkapnya seperti diatas, A adalah propanal dan B adalah oksidator .

Apabila alkohol primer dioksidasi, satu atom oksigen dari oksidator akan menyerang atom H-karbonil, yaitu atom H yang terikat pada atom karbon karbinol (atom karbon yang mengikat gugus begin mathsize 14px style negative sign O H end style). 

PCC merupakan Piridinium klorokromat yang merupakan oksidator alkohol (1-propanol) menjadi karbonil (propanal). Aldehid yang dihasilkan kemudian dapat dioksidasi lebih lanjut lagi sehingga menghasilkan asam karboksilat (asam propionat). Oksidator yang dapat digunakan adalah kalium dikromat (begin mathsize 14px style K subscript 2 Cr subscript 2 O subscript 7 end style) atau kallium permanganat (K Mn O subscript 4). Pada reaksi ini kita gunakan kalium permanganat (K Mn O subscript 4).

Sehingga reaksi lengkapnya adalah:

Jadi, persamaan reaksi lengkapnya seperti diatas, A adalah propanal dan B adalah oksidator begin mathsize 14px style bottom enclose K Mn O subscript bold 4 end enclose end style.

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

32

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Senyawa organik dengan rumus molekul C 5 ​ H 12 ​ O direaksikan dengan asam cuka dan beberapa tetes asam sulfat sehingga senyawa tersebut berubah menjadi senyawa yang berbau harum seperti pisang. Pada...

3

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia