Iklan

Iklan

Pertanyaan

Aliran darah pada peredaran darah sistemik secara berurutan adalah ....

Aliran darah pada peredaran darah sistemik secara berurutan adalah ....

  1. ventrikel kanan→ke seluruh tubuh→ atrium kiri →ventrikel kiri

  2. ventrikel kiri → ke seluruh tubuh→atrium kanan→ventrikel kanan

  3. ventrikel kanan→paru-paru→ atrium kiri→ ventrikel kiri

  4. ventrikel kiri→ paru-paru→ atrium kanan→ ventrikel kanan

     

  5. ventrikel kiri→ ke seluruh tubuh→ atrium kanan→ paru-paru→ atrium kiri

Iklan

R. Ulfi

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Mekanisme sistem peredaran darah pada manusia ada dua macam yaitu : Sistem peredaran darah pulmonalis (peredaran darah kecil/ pendek) , yaitu sistem peredaran darah dari jantung, menuju ke paru-paru, dan kembali ke jantung. Mekanismenya : ventrikel berkontraksi →katup trikuspid tertutup →katup semilunar arteri paru-paru terbuka →darah kaya CO 2 dari ventrikel kanan dibawa oleh arteri pulmonalis → menuju ke paru-paru kanan dan kiri → di paru-paru darah melepaskan CO 2 → darah mengambil O 2 di paru-paru → darah kaya O 2 dibawa oleh vena pulmonalis → menuju ke atrium kiri → ventrikel relaksasi → katup bicuspid terbuka → darah mengalir ke ventrikel kiri. Sistem peredaran darah sistemik (peredaran darah besar/panjang) , yaitu sistem peredaran darah dari jantung, diedarkan ke seluruh tubuh, dan kembali ke jantung. Mekanismenya: ventrikel berkontraksi → katup bikuspid tertutup → katup semilunar aorta terbuka → darah kaya O 2 dari ventrikel kiri masuk ke aorta → darah kaya O 2 dibawa oleh arteri diedarkan ke seluruh tubuh (kecuali paruparu) darah melepaskan O 2 dan mengambil CO 2 dari seluruh jaringan tubuh →darah kaya CO 2 dibawa oleh vena kava → menuju ke atrium kanan → ventrikel relaksasi → katup tricuspid terbuka → darah mengalir ke ventrikel kanan.

Mekanisme sistem peredaran darah pada manusia ada dua macam yaitu :

  1. Sistem peredaran darah pulmonalis (peredaran darah kecil/ pendek), yaitu sistem peredaran darah dari jantung, menuju ke paru-paru, dan kembali ke jantung.

Mekanismenya: ventrikel berkontraksi →katup trikuspid tertutup →katup semilunar arteri paru-paru terbuka →darah kaya CO2 dari ventrikel kanan dibawa oleh arteri pulmonalis  → menuju ke paru-paru kanan dan kiri  → di paru-paru darah melepaskan CO2 → darah mengambil O2 di paru-paru → darah kaya O2 dibawa oleh vena pulmonalis → menuju ke atrium kiri → ventrikel relaksasi → katup bicuspid terbuka → darah mengalir ke ventrikel kiri.

  1. Sistem peredaran darah sistemik (peredaran darah besar/panjang), yaitu sistem peredaran darah dari jantung, diedarkan ke seluruh tubuh, dan kembali ke jantung.

Mekanismenya: ventrikel berkontraksi → katup bikuspid tertutup → katup semilunar aorta terbuka → darah kaya O2 dari ventrikel kiri masuk ke aorta → darah kaya O2 dibawa oleh arteri diedarkan ke seluruh tubuh (kecuali paruparu) darah melepaskan O2 dan mengambil CO2 dari seluruh jaringan tubuh →darah kaya CO2 dibawa oleh vena kava → menuju ke atrium kanan  → ventrikel relaksasi → katup tricuspid terbuka → darah mengalir ke ventrikel kanan.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

28

000000000000000000000000ef618fa553821237a8a85969054daebd0b02b8e23c64

Mudah dimengerti Pembahasan lengkap banget

Amri Arsadi Sembiring

Pembahasan tidak menjawab soal Pembahasan tidak lengkap Pembahasan terpotong

Radia Tulla

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Salah satu fungsi darah adalah untuk mengedarkan oksigen. Oksigen masuk ke dalam sistem peredaran darah melalui paru-paru. Sistem peredaran darah yang berfungsi untuk mengambil oksigen adalah...

1

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia