Roboguru

Alat pernapasan pada belalang adalah ….

Pertanyaan

Alat pernapasan pada belalang adalah ….space space 

  1. kulitspace 

  2. paru-paruspace 

  3. trakea dan insangspace 

  4. trakeaspace 

  5. paru-paruspace 

Pembahasan Soal:

Serangga memiliki organ pernapasan berupa trakea. Trakea adalah pembuluh-pembuluh halus berbentuk tabung yang bercabang dan memenuhi seluruh bagian tubuh serangga. Dinding trakea tersusun dari zat kitin. Trakea terhubung dengan lubang-lubang kecil bernama stigma atau spirakel yang berfungsi sebagai tempat keluar masuknya udara.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

U. Muftin

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Alat pernapasan pada belalang adalah

Pembahasan Soal:

Pada serangga darat seperti belalang, pertukaran gas dari jaringan dengan udara di lingkungan dilakukan dengan menggunakan trakea anyaman tabung-tabung yang berisi udara), sehingga disebut sistem pembuluh trakea. Sistem pembuluh trakea merupakan sistem pernapasan yang paling sederhana dan paling efisien. Sistem pernapasan ini terdiri dari suatu sistem tabung udara (trakea) yang bercabang-cabang (trakeola) dan setiap cabang akan bercabang lagi sehingga dapat menjangkau hampir semua bagian tubuh. Saluran percabangan yang paling ujung akan tenggelam ke dalam membran sel dan sel pada sel-sel tubuh.

Kebanyakan serangga hidup di darat, tetapi ada beberapa serangga yang pada masa larvanya hidup di air misalnya capung. Larva capung bernapas menggunakan insang trakea, yaitu berupa insang yang sangat halus dan berfungsi mengikat oksigen yang terlarut didalam air, dengan cara berdifusi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined

0

Roboguru

Perhatikan tabel di bawah ini! Pasangan yang tepat antara bagian pada sistem trakea pada serangga beserta fungsinya ditunjukkan oleh nomor . . . .

Pembahasan Soal:

Pada serangga, sistem pernapasannya disebut sistem pembuluh trakea. Sistem pernapasan serangga ini tersusun dari empat organ pernapasan, yaitu:

  • Spirakel, sebagai lubang aliran masuk dan keluarnya oksigen dan karbon dioksida.
  • Trakea, aluran seperti tabung/pembuluh yang terhubung dengan spirakel. Fungsi trakea adalah sebagai saluran tempat mengalirnya gas yang kaya oksigen dari luar ke seluruh tubuh.
  • Trakeolus, percabangan dari trakea yang memiliki struktur yang tipis. Fungsinya hampir sama dengan kapiler darah yang terdapat pada vertebrata yaitu untuk memudahkan penyebaran atau pertukaran oksigen dengan karbon dioksida.
  • Kantung udara, berbentuk seperti balon dan terhubung dengan trakea. Memiliki fungsi untuk membantu serangga bernapas selama pergerakan ketika terbang.space space 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Alat pernapasan walang sangit yang masih muda adalah....

Pembahasan Soal:

Walang sangit termasuk ke dalam kelas insekta (serangga). Walang sangit memiliki alat pernapasan yang sama dengan serangga lainnya, yaitu trakea. Walang sangit muda juga telah bernapas dengan menggunakan trakea. Trakea sendiri adalah saluran pernapasan yang berbentuk seperti tabung atau pembuluh yang terhubung dengan spirakel (ujung dari saluran trakea yang berfungsi sebagai tempat keluar masuknya udara). 

Dengan demikian, alat pernapasan pada walang sangit muda adalah trakea.
 

0

Roboguru

Apakah trakea pada insekta hanya bekerja ketika insekta bergerak?

Pembahasan Soal:

Sistem pernapasan pada serangga disebut sistem trakea. Udara keluar dan masuk melalui spirakel yang terdapat di sepanjang sisi kanan dan kiri tubuh serangga. Spirakel merupakan saluran tempat bermuaranya trakea. Oksigen tidak diedarkan melalui darah tetapi diedarkan melalui sistem trakea. Keluar masuknya udara disebabkan gerakan otot tubuh secara teratur. 

Jadi, trakea pada serangga dapat bekerja ketika serangga bergerak karena memerlukan gerakan otot tubuh untuk keluar masuknya udara.undefined 

0

Roboguru

Berikut adalah fungsi bagian dari sistem trakea: Spirakel - Tempat difusi gas menuju sel Trakea - Penyalur udara pertama kali dan berukuran lebih besar Trakeola - Penyalur udara berikutnya dan be...

Pembahasan Soal:

Sistem pernapasan serangga tersusun atas sistem trakea, sistem tersebut memiliki komponen yaitu spirakel, trakea, trakeola, dan kantung udara. Spirakel berfungsi sebagai tempat keluar-masuknya udara, trakea sebagai penyalur udara ke trakeola (penyalur pertama), dan trakeola sebagai penyalur udara ke sel-sel tubuh (penyalur berikutnya), pada bagian ujung trakeola dipenuhi cairan berwarna biru keabu-abuan yang berfungsi meningkatkan difusi. Sedangkan, kantung udara berfungsi untuk memfasilitasi suplai oksigen ke organ tubuh, yang membutuhkan banyak suplai oksigen.

Dengan demikian jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved