Roboguru

Alat kontrasepsi berikut yang bersifat mekanik adalah ....

Alat kontrasepsi berikut yang bersifat mekanik adalah .... 

  1. Kondom dan diafragma 

  2. Spermisid dan kondom 

  3. IUD dan spermisid

  4. Pil dan diafragma

  5. Spermisid dan pil

Jawaban:

Alat kontrasepsi mekanik adalah kontrasepsi dalam bentuk alat yang bisa digunakan untuk mencegah kehamilan dengan cara mencegah masuknya sperma ke dalam rahim.

Kondom atau jaswadi adalah alat kontrasepsi atau alat untuk mencegah kehamilan atau penularan penyakit kelamin pada saat bersanggama. Kondom biasanya dibuat dari bahan karet latex dan dipakaikan pada alat kelamin pria atau wanita pada keadaan ereksi sebelum bersanggama atau berhubungan suami-istri. 

Diafragma biasanya terbuat dari lateks atau silikon, berbentuk melingkar seperti kubah dan berfungsi mencegah sperma masuk ke dalam rahim. Cara penggunaannya adalah menekuk atau melipatnya menjadi dua bagian, lalu memasukkannya ke dalam vagina untuk melindungi serviks.

Spermisid: bahan kimia aktif untuk ‘membunuh’ sperma, berbentuk cairan, krim atau tisu vagina yang harus dimasukkan ke dalam vagina sebelum bersenggama.

IUD (Intra Uterine Device) atau spiral: terbuat dari bahan polyethylene yang diberi lilitan logam, umumnya tembaga dan dipasang di mulut rahim. 

Pil termasuk kontrasepsi hormonal yang mengatur masa subur perempuan melalui sistem hormonal yang mengandung hormon esterogen, progesterone atau campuran keduanya. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang benar adalah A.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved