Roboguru

Alat kelamin pria meliputi bagian-bagian berikut: Epididimis. Vas deferens. Uretra. Saluran Ejakulasi. Urutan saluran dari testis keluar adalah ...

Pertanyaan

Alat kelamin pria meliputi bagian-bagian berikut:

  1. Epididimis.
  2. Vas deferens.
  3. Uretra.
  4. Saluran Ejakulasi.

Urutan saluran dari testis keluar adalah ... 

  1. 1, 2, 3, 4 

  2. 1, 2, 4, 3 

  3. 3, 2, 1, 4 

  4. 4, 3, 1, 2 

  5. 4, 1, 2, 3 

Pembahasan Soal:

Urutan saluran reproduksi pria yang benar ialah testisrightwards arrowepididimisrightwards arrowvas deferensrightwards arrowsaluran ejakulasirightwards arrowuretrarightwards arrowpenis. Testis merupakan tempat pembentukan sperma, selain memproduksi sperma, testis juga berfungsi untuk menghasilkan hormon testosteron, yang merupakan hormon utama pada pria.  Epididimis merupakan tempat menyimpan sperma. Vas deferens atau saluran sperma (duktus deferens) merupakan saluran lurus yang mengarah ke atas dan merupakan lanjutan dari epididimis. Vas deferens berfungsi sebagai saluran tempat jalannya sperma dari epididimis menuju kantung semen atau kantung mani (vesikula seminalis). Saluran ejakulasi merupakan saluran pendek yang menghubungkan kantung semen dengan uretra. Saluran ini berfungsi untuk mengeluarkan sperma agar masuk ke dalam uretra. Dan uretra adalah tempat keluarnya sperma. Penis adalah organ reproduksi pria bagian luar.space 

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Yunita

Mahasiswa/Alumni Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan gambar organ reproduksi laki-laki di bawah ini! Berdasarkan gambar di atas, sebutkan nama organ pada bagian g dan fungsinya!

Pembahasan Soal:

Nama organ pada bagian g adalah vesikula seminalis. Organ ini berfungsi sebagai kelenjar untuk persediaan makanan bagi sperma untuk bergerak dan juga berperan sebagai tempat penyimpanan sperma. Vesikula seminalis merupakan salah satu kelenjar reproduksi yang menghasilkan sekret yang mengandung protein, enzim, fruktosa, fosforilklon dan prostaglandin.

0

Roboguru

Perhatikan gambar sistem reproduksi laki-laki berikut. Pernyataan yang paling sesuai adalah ....

Pembahasan Soal:

  1. Jawaban         : D. Nomor 4 menunjukkan testis, berfungsi sebagai tempat  spermatogenesis.

Pembahasan  : Berikut sistem reproduksi laki-laki:

Nomor 1 → Vas deferens. Vas deferens merupakan saluran untuk membawa sperma ke vesika seminalis (kantong sperma).

Nomor 2 → Simfisis pubis. Simfisis pubis sebagai tempat melekat dan melindungi alat reproduksi.

Nomor 3 → Korpus Kavernosum. Korpus kavernosum merupakan salah satu dari bagian penis yang berisi darah paling banyak saat penis mengalami ereksi

Nomor 4 →  Testis. Testis merupakan tempat pembentukan sel kelamin jantan (sperma) dan hormon kelamin (testosteron).

Nomor 5 → Vesikula seminalis. Vesika seminalis mengekskresikan prostaglandin yang berfungsi membuat otot uterin pada perempuan berkontraksi untuk mendorong semen mencapai uterus.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Perhatikan gambar organ reproduksi pria dibawah! Nama bagian yang ditunjuk oleh huruf X beserta fugsinya yang benar adalah ....

Pembahasan Soal:

Huruf X pada gambar organ reproduksi pria menunjukkan bagian testis. Manusia memiliki sepasang testis. Testis berfungsi memproduksi sperma melalui proses spermatogenesis dan testosteron (hormon kelamin pria). Di dalam testis terdapat saluran-saluran halus yang disebut tubulus seminiferus. Dalam tubulus seminiferus inilah terjadi pembentukan sperma.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan gambar organ reproduksi laki-laki di bawah ini! Berdasarkan gambar di atas, sebutkan nama organ pada bagian b dan fungsinya!

Pembahasan Soal:

Nama organ pada bagian b adalah testis. Fungsi testis yaitu untuk memproduksi sperma dan hormon testosteron. Selama masa pubertas, testis berkembang untuk memulai spermatogenesis. Ukuran testis bergantung pada produksi sperma (banyaknya spermatogenesis), cairan interstisial, dan produksi cairan dari sel Sertoli. Di dalam testis terdapat saluran-saluran halus yang disebut saluran penghasil sperma (tubulus seminiferus). Dinding sebelah dalam saluran tersebut terdiri jaringan epitelium dan jaringan ikat.

0

Roboguru

Perhatikan gambar organ reproduksi laki-laki di bawah ini! Berdasarkan gambar di atas, sebutkan nama organ pada bagian f dan fungsinya!

Pembahasan Soal:

Nama organ pada bagian f adalah uretra. Dalam sistem ekskresi, uretra memiliki fungsi sebagai saluran pembuangan sisa metabolisme dari dalam tubuh menuju ke luar tubuh. Pada pria, selain sebagai saluran ekskresi uretra juga merupakan saluran akhir reproduksi yang berfungsi sebagai saluran pengeluaran semen (air mani).

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved