Iklan

Iklan

Pertanyaan

Alasan pemerintah kolonial Belanda pada awalnya menolak pengajuan Sarekat Islam (SI) sebagai organisasi berbadan hukum adalah. . . .

Alasan pemerintah kolonial Belanda pada awalnya menolak pengajuan Sarekat Islam (SI) sebagai organisasi berbadan hukum adalah. . . .

  1. SI menolak ikut serta dalam Indie Weerbaar

  2. SI dianggap sebagai organisasi yang berbahaya

  3. sebagian anggota SI berhaluan Marxisme-Komunisme

  4. anggota SI di Volksraad aktif dalam konsentrasi radikal

  5. SI menjadi bersikap radikal setelah membentuk partai sendiri

Iklan

A. NIZAR

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Alasan pemerinr t ah kolonial Belanda pada awalnya menolak pengajuan Sarekat Islam (SI) sebagai organisasi berbadan hukum adalah SI dianggap sebagai organisasi yang berbahaya . Setelah kongres SI nasional pertama di Bandung menunjukan bahwa SI kemudian menjadi organisasi berhaluan politis. Karakteristik politisnya tampak dari sikapnya menentang secara terbuka praktik-praktik ketidakadilan akibat sistem kapitalisme serta penindasan terhadap rakyat kecil yang dilakukan oleh pemerintah kolonial, sehingga sikap ini menimbulkan kekhawatiran pemerintah kolonial Belanda. Hal ini lah yang menjadi alasan Gubernur Jenderal Idenburg menolak pengajuan SI sebagai organisasi yang berbadan hukum kecuali untuk SI daerah atau lokal.

Alasan pemerinrtah kolonial Belanda pada awalnya menolak pengajuan Sarekat Islam (SI) sebagai organisasi berbadan hukum adalah SI dianggap sebagai organisasi yang berbahaya. Setelah kongres SI nasional pertama di Bandung menunjukan bahwa SI kemudian menjadi organisasi berhaluan politis. Karakteristik politisnya tampak dari sikapnya menentang secara terbuka praktik-praktik ketidakadilan akibat sistem kapitalisme serta penindasan terhadap rakyat kecil yang dilakukan oleh pemerintah kolonial, sehingga sikap ini menimbulkan kekhawatiran pemerintah kolonial Belanda. Hal ini lah yang menjadi alasan Gubernur Jenderal Idenburg menolak pengajuan SI sebagai organisasi yang berbadan hukum kecuali untuk SI daerah atau lokal.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

36

Veloni Agustin

Ini yang aku cari! Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perubahan pola perjuangan Sarekat Islam menimbulkan kekhawatiran pemerintah kolonial Belanda dan hal itu pulalah yang menjadi alasan Gubernur Jenderal Idenburg untuk ….

2

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia