Roboguru
SD

Alang-alang (rumput liar) dapat tumbuh di tempat terbuka yang mendapat sinar matahari. Sebaliknya lumut hanya tumbuh di daerah yang kurang mendapat sinar matahari (teduh) dan mempunyai tingkat kelembapan tinggi. Konsep geografi untuk fenomena tersebut adalah ....

Pertanyaan

Alang-alang (rumput liar) dapat tumbuh di tempat terbuka yang mendapat sinar matahari. Sebaliknya lumut hanya tumbuh di daerah yang kurang mendapat sinar matahari (teduh) dan mempunyai tingkat kelembapan tinggi.

Konsep geografi untuk fenomena tersebut adalah ....

  1. konsep interaksi dan interdependensi

  2. konsep diferensiasi area

  3. konsep keterkaitan keruangan

  4. konsep pola

  5. konsep lokasi

M. Bilqis

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Berikut ini adalah beberapa konsep yang dipelajari dalam geografi:

  • Konsep interaksi dan interpendensi merupakan terjadinya hubungan yang saling mempengaruhi antara suatu gejala dengan gejala lainnya. Definisi lain mencakup keterkaitan dan ketergantungan satu daerah dengan daerah lain untuk saling memenuhi kebutuhannya.
  • Konsep diferensiasi area membandingkan antara dua wilayah untuk menunjukkan adanya perbedaan antara satu wilayah dengan wilayah lain karena tiap wilayah memiliki karakteristik yang unik.
  • Konsep keterkaitan adalah hubungan antara suatu fenomena dengan fenomena lainnya yang merupakan suatu keterkaitan keruangan. Hal ini mendorong terjadinya sebab-akibat antar wilayah.
  • Konsep pola adalah bentuk, struktur, dan persebaran fenomena atau kejadian di permukaan bumi baik gejala alam maupun gejala sosial. Pola juga dapat diartikan sebagai tatanan geometris yang beraturan sebagai bentuk interaksi manusia dengan lingkungannya.
  • Konsep lokasi atau letak adalah suatu tempat atau letak daerah dimana adanya keterkaitan suatu objek di muka bumi. Secara umum konsep lokasi dibagi menjadi dua yakni lokasi absolut dan lokasi relatif.

Sesuai dengan penjabaran di atas, maka jawaban yang sesuai untuk perbedaan untuk tempat tumbuh dan berkembang dari alang-alang dan lumut adalah konsep diferensiasi area. Tumbuhan alang-alang dan lumut menunjukkan perbedaan karakteristik tempat untuk tumbuh dan berkembang.

4rb+

5.0 (2 rating)

Pertanyaan serupa

Jelaskan perbedaan konsep pola dan konsep perbedaan wilayah dalam geografI.

342

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia