Roboguru

Alang-alang (rumput liar) dapat tumbuh di tempat terbuka yang mendapat sinar matahari. Sebaliknya lumut hanya tumbuh di daerah yang kurang mendapat sinar matahari (teduh) dan mempunyai tingkat kelembapan tinggi. Konsep geografi untuk fenomena tersebut adalah ....

Pertanyaan

Alang-alang (rumput liar) dapat tumbuh di tempat terbuka yang mendapat sinar matahari. Sebaliknya lumut hanya tumbuh di daerah yang kurang mendapat sinar matahari (teduh) dan mempunyai tingkat kelembapan tinggi.

Konsep geografi untuk fenomena tersebut adalah ....

  1. konsep interaksi dan interdependensi

  2. konsep diferensiasi area

  3. konsep keterkaitan keruangan

  4. konsep pola

  5. konsep lokasi

Pembahasan Soal:

Berikut ini adalah beberapa konsep yang dipelajari dalam geografi:

  • Konsep interaksi dan interpendensi merupakan terjadinya hubungan yang saling mempengaruhi antara suatu gejala dengan gejala lainnya. Definisi lain mencakup keterkaitan dan ketergantungan satu daerah dengan daerah lain untuk saling memenuhi kebutuhannya.
  • Konsep diferensiasi area membandingkan antara dua wilayah untuk menunjukkan adanya perbedaan antara satu wilayah dengan wilayah lain karena tiap wilayah memiliki karakteristik yang unik.
  • Konsep keterkaitan adalah hubungan antara suatu fenomena dengan fenomena lainnya yang merupakan suatu keterkaitan keruangan. Hal ini mendorong terjadinya sebab-akibat antar wilayah.
  • Konsep pola adalah bentuk, struktur, dan persebaran fenomena atau kejadian di permukaan bumi baik gejala alam maupun gejala sosial. Pola juga dapat diartikan sebagai tatanan geometris yang beraturan sebagai bentuk interaksi manusia dengan lingkungannya.
  • Konsep lokasi atau letak adalah suatu tempat atau letak daerah dimana adanya keterkaitan suatu objek di muka bumi. Secara umum konsep lokasi dibagi menjadi dua yakni lokasi absolut dan lokasi relatif.

Sesuai dengan penjabaran di atas, maka jawaban yang sesuai untuk perbedaan untuk tempat tumbuh dan berkembang dari alang-alang dan lumut adalah konsep diferensiasi area. Tumbuhan alang-alang dan lumut menunjukkan perbedaan karakteristik tempat untuk tumbuh dan berkembang.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Bilqis

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 16 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tanaman teh tumbuh baik di dataran tinggi sedangkan tanaman mangrove (bakau) tumbuh baik di daerah pantai berlumpur. Konsep geografi yang berkaitan dengan fenomena itu adalah..

Pembahasan Soal:

Tanaman teh tumbuh baik di dataran tinggi sedangkan tanaman mangrove (bakau) tumbuh baik di daerah pantai berlumpur. Konsep geografi yang berkaitan dengan fenomena itu adalah konsep diferensiasi area.

Diferensiasi areal berkaitan dengan perbedaan corak antar wilayah di permukaan bumi. Konsep ini membandingkan antara dua wilayah guna menunjukkan adanya perbedaan antara satu wilayah dengan wilayah lain karena pada tiap-tiap wilayah memiliki karakteristik khas masing-masing.

0

Roboguru

Mayoritas penduduk di daerah pantai Jawa bermata pencaharian sebagai Nelayan sedangkan di daerah pegunungan bermata pencaharian sebagai petani. Konsep geografi yang berkaitan dengan fenomena tersebut ...

Pembahasan Soal:

Terdapat sepuluh konsep esensial dalam geografi, di antaranya lokasi, jarak, keterjangkauan, pola, morfologi, aglomerasi, nilai kegunaan, interaksi dan interdependensi, diferensiasi area serta keterkaitan keruangan.Pada soal pernyataan mengenai mayoritas penduduk di daerah pantai Jawa bermata pencaharian sebagai Nelayan sedangkan di daerah pegunungan bermata pencaharian sebagai petani merupakan fenomena yang dibahas menggunakan konsep diferensiasi area karena  membahas mengenai perbedaan karakteristik berbagai wiayah. Perbedaan karakteristiknya berupa bentang alam dan kondisi perekonomian. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

1

Roboguru

Berdasarkan pembagian wilayah fauna, Indonesia dibagi menjadi tiga wilayah yaitu Zona Oriental (Asiatis), Zona Peralihan, dan Zona Australis. Pada ketiga zonasi tersebut terdapat hewan endemik/khas se...

Pembahasan Soal:

Konsep geografi yang dapat digunakan untuk mengkaji fenomena pada soal adalah diferensiasi area. Hal ini disebabkan karena adanya perbandingan karakteristik atau ciri khas tertentu antara dua wilayah atau lebih. Zona Asiatis memiliki ciri banyaknya jenis badak, Zona Peralihan memiliki hewan endemik Komodo, sementara Zona Australis memiliki banyak jenis burung dengan warna yang menawan. Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Indonesia merupakan negara kepulauan yang luas dan terletak di antara dua benua, yaitu Benua Asia dan Australia serta dua samudra, yaitu Samudra Pasifik dan Hindia. Kondisi ini menyebabkan keragaman f...

Pembahasan Soal:

Fenomena pada soal dapat dikaji menggunakan konsep lokasi dan diferensiasi area. Hal ini dikarenakan pada kalimat pertama menjelaskan letak Indonesia berdasarkan benua dan samudra disekitarnya. Sedangkan paragraf kedua menjelaskan dampak yang ditimbulkan akibat letak Indonesia, yaitu berupa tingginya keragaman jenis fauna yang dibagi menjadi tiga zona dan masing-masing memiliki ciri khas tersendiri yang merupakan kajian dari konsep diferensiasi area. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Pulau jawa merupakan daerah penghasil padi utama di Indonesia karena tanah di pulau Jawa subur dan air tersedia cukup banyak serta wilayahnya merupakan dataran rendah sehingga cocok untuk tanaman padi...

Pembahasan Soal:

  • Konsep interdependensi merupakan terjadinya hubungan yang saling mempengaruhi antara suatu gejala dengan gejala lainnya. Definisi lain mencakup keterkaitan dan ketergantungan satu daerah dengan daerah lain untuk saling memenuhi kebutuhannya.
  • Konsep keterkaitan ruang  adalah hubungan antara suatu fenomena dengan fenomena lainnya yang merupakan suatu keterkaitan keruangan. Hal ini mendorong terjadinya sebab-akibat antar wilayah.
  • Konsep deferensiasi area membandingkan antara dua wilayah untuk menunjukkan adanya perbedaan antara satu wilayah dengan wilayah lain karena tiap wilayah memiliki karakteristik yang unik.
  • Konsep nilai kegunaan, nilai kegunaan bersifat relatif artinya suatu objek geografi akan mempunyai kegunaan yang berbeda bagi setiap orang atau kelompok penduduk.
  • Konsep aglomerasi merupakan kecenderungan pengelompokan suatu gejala yang terkait dengan aktivitas manusia. Misalnya pengelompokan kawasan industri, pusat perdagangan, dan daerah pemukiman.

Sesuai dengan penjabaran di atas, maka jawaban yang tepat untuk kondisi Pulau jawa yang merupakan penghasil padi utama di Indonesia adalah Konsep deferensiasi area.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved