Roboguru

Alam semesta berekspansi dan berkontraksi. Hal ini sesuai dengan teori ....

Pertanyaan

Alam semesta berekspansi dan berkontraksi. Hal ini sesuai dengan teori ....

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Siklus ekspansi dan kontraksi tersebut disebut juga sebagai Oscillating Theory (Teori Mengembang dan Memampat). Teori ini dikemukakan oleh Fred Hoyle dan beberapa ahli astronomi Inggris. Tahapan pembentukan bumi meurut teori tersebut adalah sebagai berikut.

  • Siklus materi diawali dengan adanya massa di alam semesta (seperti galaksi, bintang, dll).
  • Massa tersebut mengalami pengembangan atau berekspansi sampai pada suatu titik tertentu.
  • Kemudian massa mengalami pelepasan panas dan memampat.
  • Siklus mengembang dan memampat ini terjadi secara berkala dan satu siklusnya diperkirakan membutuhkan waktu selama 30 miliar tahun.

Jadi, jawaban untuk soal ini adalah Oscillating Theory

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Ciri khas teori The Oscillating theory tentang pembentukan alam raya adalah adanya ...

Pembahasan Soal:

Teori pembentukan alam raya yang terkenal di dunia ada tiga, sebagai berikut :

a. Teori Bigbang adalah teori satu-satunya yang dianggap masuk akal dan sangat berpengaruh terhadap perkembangan ilmu sekarang, teori ini menjelaskan bahwa jagat raya terbentuk karena ada ledakan besar sehingga serpihan dari ledakan tersebut akhirnya menjadi tata surya yang tersebar

b. Teori Keadaan Tetap (Steady State) adalah teori yang menyatakan bahwa jagat raya sudah ada sejak dulu kala, tidak berubah dan tidak berkembang

c. Teori Expansi (Oscillating Theory) adalah teori mengembang dan memampat, jadi jagat raya terbentuk karena adanya siklus materi yang diawali dengan mengembang (expansi) dan dilanjutkan memampat, seperti itu terus.

Oleh karena itu jawaban yang tepat sesuai penjelasan diatas adalah pilihan jawaban E

0

Roboguru

Inti teori Osilasi mengenai pembentukan Jagat Raya adalah ....

Pembahasan Soal:

Teori osilasi atau teori ekspansi dan kontraksi mengatakan bahwa alam semesta mengalami dua siklus materi yaitu keadaan mengembang dan memampat. Satu siklusnya diperkirakan akan berlangsung selama 30 milyar tahun. Ketika siklus mengembang yang disebabkan oleh adanya reaksi inti hidrogen, terciptalah galaksi-galaksi. Keadaan ini akan terjadi terus menerus hingga akhirnya bintang-bintang akan mati dan memampat kemudian terjadi pengembangan lagi dan seterusnya.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Alam semesta terbentuk karena ada peristiwa mengembang dan meredup. Pernyataan ini disampaikan dalam ....

Pembahasan Soal:

Teori Mengembang dan Memampat (Oscillation Theory) berpendapat bahwa awal terbentuknya Jagat raya dimulai oleh suatu siklus materi yang mempunyai massa yang mengembang dan berasal dari reaksi inti hidrogen. Akibatnya, terbentuklah galaksi-galaksi yang diperkirakan sudah berlangsung selama tiga puluh miliar tahun. Galaksi-galaksi tersebut lama kelamaan akan meredup kemudian memampat yang didahului dengan keluarnya pancaran panas. Peristiwa mengembang dan memampat tersebut berlangsung secara terus menerus.

Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah B.space

0

Roboguru

Jelaskan perbedaan dan persamaan teori-teori tentang terbentuknya jagat raya.

Pembahasan Soal:

Saat ini terdapat beberapa teori tentang terbentuknya jagat raya. Teori tersebut di antaranya adalah Teori Big Bang, Teori Ekspansi dan Kontraksi, serta Teori Steady State. Di antara ketiga teori tersebut terdapat beberapa persamaan dan perbedaan.

Persamaan teori terbentuknya jagat raya adalah sebagai berikut.

  • Ketiga teori berpendapat bahwa terjadi suatu proses yang menyebabkan jagat raya tetap ada hingga saat ini.
  • Teori Big Bang dan Teori Ekspansi dan Kontraksi sama-sama beranggapan bahwa jagat raya terbentuk karena adanya materi yang mengembang dari suatu kondisi yang mulanya sangat padat.
  • Teori Steady State dan Teori Ekspansi dan Kontraksi sama-sama berpendapat bahwa terdapat siklus yang berulang yang terjadi di jagat raya.

Perbedaan teori terbentuknya jagat raya adalah sebagai berikut.

  • Teori Steady State, beranggapan bahwa jagat raya tidak mengalami perubahan dan akan terus sama. Hal tersebut dikarenakan adanya siklus pembentukan materi baru yang menggantikan galaksi yang terus menjauh. Anggapan bahwa materi yang hancur akan terus diperbarui, maka teori ini tidak menganggap adanya peristiwa awal atau akhir dari jagat raya.
  • Teori Big Bang menganggap bahwa terdapat proses awal mula jagat raya, yaitu dari suatu massa tunggal yang sangat padat kemudian mengalami dentuman besar dan terjadilah pengembangan alam semesta.
  • Teori Ekspansi dan Kontraksi beranggapan bahwa jagat raya memang sudah terbentuk melalui siklus, yang terdiri dari masa ekspansi yang menyebabkan terbentuknya galaksi, dan masa kontraksi yang membuat galaksi dan bintang-bintang menyusut. Siklus tersebut terus terjadi secara berulang.space 

0

Roboguru

Pernyataan: (1) mempunyai ekor; (2) memiliki cahaya sendiri; (3) mempunyai cincin; (4) memiliki bentuk-bentuk tertentu; (5) ada inti cahaya yang lebih terang dipusarannya. Ciri-ciri galaksi terd...

Pembahasan Soal:

Teori Mengembang dan Memampat (The Oscillating Theory), teori ini dikenal pula dengan teori ekspansi dan konstraksi. Menurut teori ini jagat raya terbentuk karena adanya suatu siklus materi yang diawali dengan massa ekspansi (mengembang) yang disebabkan oleh adanya reaksi inti hidrogen. Pada tahap ini terbentuklah galaksi- galaksi. Tahap ini diperkirakan berlangsung selama 30 miliar tahun. Selanjutnya, galaksi-galaksi dan bintang yang telah terbentuk akan meredup kemudian memampat didahului dengan keluarnya pancaran panas yang sangat tinggi. Setelah tahap memampat, maka tahap berikutnya adalah tahap mengembang dan kemudian pada akhirnya memampat lagi. Maka proses akan berulang dan menjadi sebuah siklus.

Berdasarkan ciri khas yang ada pada teori tersebut terdapat pada pilihan jawaban E. siklus materi menjadi jawaban yang tepat.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved