Roboguru

Aktivitas pelayaran dan perdagangan di Kerajaan Sriwijaya mengakibatkan Kerajaan Sriwijaya menjadi tempat pertemuan para pedagang atau pusat perdagangan di Asia Tenggara. SEBAB wilayah Kerajaan Sriwijaya sangat strategis, yaitu di tengah-tengah jalur pelayaran perdagangan antara India dan Tiongkok.

Pertanyaan

Aktivitas pelayaran dan perdagangan di Kerajaan Sriwijaya mengakibatkan Kerajaan Sriwijaya menjadi tempat pertemuan para pedagang atau pusat perdagangan di Asia Tenggara.

SEBAB

wilayah Kerajaan Sriwijaya sangat strategis, yaitu di tengah-tengah jalur pelayaran perdagangan antara India dan Tiongkok.

  1. Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat.

  2. Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat.

  3. ]ika pernyataan pertama benar sedangkan pernyataan kedua salah.

  4. ]ika pernyataan pertama salah sedangkan pernyataan kedua benar.

  5. ]ika pernyataan pertama salah sedangkan pernyataan kedua benar.

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pernyataan Benar. Kerajaan Sriwijaya berdiri pada akhir abad ke-7 M. Pusat Kerajaan Sriwijaya terletak di Palembang karena banyak ditemukan Prasasti Sriwijaya dan adanya Sungai Musi yang strategis untuk perdagangan. Semakin ramainya aktivitas pelayaran perdagangan di Kerajaan Sriwijaya mengakibatkan Kerajaan Sriwijaya menjadi tempat pertemuan para pedagang atau pusat perdagangan di Asia Tenggara. Sriwijaya mulai menguasai perdagangan nasional maupun intemasional di kawasan perairan Asia Tenggara, perairan di Laut Natuna, Selat Malaka, Selat Sunda, dan Laut Jawa.

Alasan Benar. Dilihat dari letak geografis, Kerajaan Sriwijaya mempunyai letak yang sangat strategis, yaitu di tengah-tengah jalur pelayaran perdagangan antara India dan Tiongkok. Di samping itu, letak Kerajaan Sriwijaya dekat dengan Selat Malaka yang merupakan urat nadi perhubungan bagi daerah-daerah di Asia Tenggara. Kapal-kapal yang singgah dan melakukan bongkar muat, harus membayar pajak. Dalam kegiatan perdagangan, Sriwijaya mengekspor gading, kulit, dan beberapa jenis binatang liar, sedangkan barang impornya antara lain beras, rempah-rempah, kayu manis, kemenyan, emas, gading, dan binatang. Perkembangan tersebut telah memperkuat kedudukan Kerajaan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim.

Hubungan sebab akibat. Ramainya aktivitas pelayaran perdagangan di Kerajaan Sriwijaya disebabkan karena Kerajaan Sriwijaya mempunyai letak yang sangat strategis, yaitu di tengah-tengah jalur pelayaran perdagangan antara India dan Tiongkok. Di samping itu, letak Kerajaan Sriwijaya dekat dengan Selat Malaka yang merupakan urat nadi perhubungan bagi daerah-daerah di Asia Tenggara. 

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah A. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 04 November 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sriwijaya berhasil menguasai perdagangan nasional dan internasional sehingga meningkatkan kehidupan sosial ekonomi negaranya. Faktor yang mendorong pernyataan ini adalah ...

3

Roboguru

Mengapa Selat Malaka mempunyai peranan penting pada masa Kerajaan Sriwijaya?

0

Roboguru

Kerajaan Sriwijaya dikatakan memiliki letak strategis karena….

0

Roboguru

Kerajaan Sriwijaya merupakan salah satu kerajaan Buddha di Indonesia yang bercorak maritim. Kerajaan Sriwijaya disebut kerajaan maritim karena. . . .

0

Roboguru

Perhatikan informasi-informasi berikut 1) Beras menjadi komoditas utama barang ekspor. 2) Banyaknya para pedagang yang menjalin kerja sama dengan Kerajaan Sriwijaya. 3) Menjadi pusat pertemuan para...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved