Roboguru

Aktivitas mendengarkan musik dengan volume suara tinggi dapat merusak sel saraf telinga. Hal ini dapat mengakibatkan penyakit . . .

Pertanyaan

Aktivitas mendengarkan musik dengan volume suara tinggi dapat merusak sel saraf telinga. Hal ini dapat mengakibatkan penyakit . . .undefined 

  1. otosklerosisundefined 

  2. presbikusisundefined 

  3. serumenundefined 

  4. otitisundefined  

  5. tuliundefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Tuli adalah kondisi medis yang ditandai dengan berkurangnya atau menghilangnya kemampuan dengar. Salah satu penyebab tuli yaitu kerusakan syaraf yang bisa diakibatkan oleh berbagai hal seperti penuaan, paparan suara bising, infeksi telinga atau bawaan lahir. Jenis tuli akibat kerusakan syaraf disebut tuli neuorosensorik. 

 Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E. undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

H. Zulaiha

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Kalijaga

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan gambar berikut! Bagian yang mengalami kerusakan pada tuli sensorineural ditunjukkan oleh nomor ….

Pembahasan Soal:

Tuli konduktif adalah kerusakan di telinga luar atau tengah yang mencegah terhantarnya bunyi dengan tepat. Gangguan pendengaran konduktif bersifat sementara dapat dibantu dengan pembedahan atau dapat diatasi dengan alat bantu dengar atau implan telinga tengah.

Tuli sensorineural atau tuli saraf disebabkan oleh hilangnya atau rusaknya sel saraf (sel rambut) dalam rumah siput dan pada umumnya bersifat permanen. Gangguan pendengaran sensorineural dapat diatasi dengan alat bantu dengar atau implan telinga tengah, sedangkan implan rumah siput seringkali merupakan solusi atas gangguan pendengaran berat atau parah.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Kerusakan sel saraf telinga karena mendengar suara musik "Heavy metal" yang terlalu keras menyebabkan penyakit . . . .

Pembahasan Soal:

Gangguan pendengaran yang diakibatkan kondisi di atas adalah tuli. Tuli dibagi menjadi dua yaitu tuli konduktif dan tuli sensori.

  • Tuli konduktif disebabkan oleh kelainan di bagian telinga luar atau tengah sehingga getaran suara tidak tersampaikan ke bagian telinga dalam.
  • Tuli sensori disebabkan oleh kelainan pada bagian telinga dalam. Saraf-saraf pendengaran tidak dapat meneruskan dan mengubah getaran menjadi impuls ke otak.

Berarti kasus di atas dapat menyebabkan gangguan yang disebut tuli sensori.space 

0

Roboguru

Salah satu penyebab telinga berdenging, menurut infografis di atas adalah "Terpapar suara yang terlalu kencang". Apakah suara yang terlalu kencang dapat ditimbulkan juga oleh penggunaan headset yang s...

Pembahasan Soal:

Gangguan pada alat pendengar dapat berupa tuli saraf dan tuli konduksi. Tuli saraf terjadi karena kerusakan saraf auditori (pendengar). Sementara tuli konduksi terjadi karena penyumbatan saluran telinga oleh minyak serumen, penebalan ataupun pecahnya membran timpani, pengapuran tulang pendengaran, dan kekakuan hubungan antara tulang sanggurdi dan tingkap oval. Penggunaan headset dapat menimbulkan gangguan pada alat pendengaran apabila digunakan dengan volume yang sangat keras karena akan mengakibatkan pecahnya membran timpani. Membran timpani merupakan selaput pendengaran yang terdapat di telinga tengah. Membran timpani berfungsi untuk menerima getaran suara atau gelombang bunyi. Jika membran timpani rusak maka getaran suara tidak dapat diterima dan diteruskan sampai pada koklea (rumah siput). undefined 

0

Roboguru

Perbedaan gangguan pendengaran konduktif dan sensorineural adalah ….

Pembahasan Soal:

Gangguan pendengaran konduktif adalah kerusakan di telinga luar atau tengah yang mencegah terhantarnya bunyi dengan tepat. Gangguan pendengaran konduktif bersifat sementara dapat dibantu dengan pembedahan atau dapat diatasi dengan alat bantu dengar atau implan telinga tengah.

Gangguan pendengaran sensorineural atau tuli saraf disebabkan oleh hilangnya atau rusaknya sel saraf (sel rambut) dalam rumah siput dan pada umumnya bersifat permanen. Gangguan pendengaran sensorineural dapat diatasi dengan alat bantu dengar atau implan telinga tengah, sedangkan implan rumah siput seringkali merupakan solusi atas gangguan pendengaran berat atau parah.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Sebutkan macam-macam penyakit/gangguan pada sistem pendengaran !

Pembahasan Soal:

Indera pendengar berupa sel-sel reseptor penerima gelombang suara (fonoreseptor) yang terdapat di telinga. Gangguan pada alat pendengaran dapat berupa tuli saraf dan tuli konduksi. Tuli saraf terjadi karena kerusakan saraf auditori (pendengar). Sedangkan tuli konduksi terjadi karena penyumbatan saluran telinga oleh minyak serumen, penebalan ataupun pecahnya membran timpani, pengapuran tulang pendengaran dan kekakuan hubungan antara tulang sanggurdi dan tingkap oval. Tuli konduksi dapat disebabkan karena penggunaan headset dengan volume yang berlebihan sehingga dapat mengganggu pendengaran. Gangguan lain yaitu Otitis eksterna dan Otitis interna. Otitis eksterna adalah peradangan pada telinga luar. Gangguan ini bisa terjadi karena sering kemasukan air, misalnya karena berenang. Otitis interna adalah infeksi pada telinga dalam yang mengendalikan fungsi pendengaran dan menjaga keseimbangan tubuh. Gangguan pada telinga ini dapat terjadi akibat infeksi virus atau bakteri di telinga.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved