Iklan

Iklan

Pertanyaan

Akhirnya, hari yang kutunggu-tunggu tiba juga. Aku diajak ke rumah nenek di Bogor oleh Ayah dan Ibu. Pagi-pagi aku sudah bangun. Aku sudah tidak sabar ingin bertemu nenek dan kakek. Aku sangat merindukan mereka karena sudah hampir enam bulan tidak bertemu. Aku harus mandi agak lama, biar bersih dan wangi karena nenek dan kakek selalu memuji cucunya yang wangi dan bersih. Selesai sarapan pagi, kami langsung berangkat dan aku duduk persis di belakang ayah sambil menikmati perjalanan ke kota Bogor. Tak terasa, di tengah perjalanan aku tertidur pulas. Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf narasi tersebut adalah. . .

Akhirnya, hari yang kutunggu-tunggu tiba juga. Aku diajak ke rumah nenek di Bogor oleh Ayah dan Ibu. Pagi-pagi aku sudah bangun. Aku sudah tidak sabar ingin bertemu nenek dan kakek. Aku sangat merindukan mereka karena sudah hampir enam bulan tidak bertemu.
 

Aku harus mandi agak lama, biar bersih dan wangi karena nenek dan kakek selalu memuji cucunya yang wangi dan bersih. Selesai sarapan pagi, kami langsung berangkat dan aku duduk persis di belakang ayah sambil menikmati perjalanan ke kota Bogor. Tak terasa, di tengah perjalanan aku tertidur pulas.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf narasi tersebut adalah. . .

  1. Aku tidak lupa mengunci pintu-pintu dan jendela-jendela dulu.

  2. Ibu mengepak barang-barang dan oleh-oleh yang akan dibawa.

  3. Supir membersihkan mobil yang sangat kotor karena hujan semalam.

  4. Ayah duduk di ruang tamu menunggu kami siap berangkat

  5. Aku sarapan pagi bersama keluarga dengan hidangan seadanya.

Iklan

A. Rizky

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Dalam paragraf dua, kalimat tiga, penulis menulis “Selesai sarapan pagi…” . Berarti gagasan yang tepat sebelum kalimat tersebut adalah saat-saat sarapan pagi. Hal tersebut tercermin dalam poin E yang menggambarkan keadaan sarapan pagi.

Dalam paragraf dua, kalimat tiga, penulis menulis “Selesai sarapan pagi…”. Berarti gagasan yang tepat sebelum kalimat tersebut adalah saat-saat sarapan pagi. Hal tersebut tercermin dalam poin E yang menggambarkan keadaan sarapan pagi.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

119

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Suatu bentuk wacana yang sasaran utamanya adalah tindak-tanduk yang dijalin dan dirangkaikan menjadi sebuah peristiwa dalam satu kesatuan waktu disebut ....

4

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia