Iklan

Iklan

Pertanyaan

Ajaran Buddha dikemukakan oleh ...

Ajaran Buddha dikemukakan oleh ...

  1. Bodi Satwa

  2. Kasta Brahmana

  3. Raja Kapilawastu

  4. Sidharta Gautama

  5. Mpu Sendok

Iklan

I. Uga

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

opsi jawaban benar adalah D.

opsi jawaban benar adalah D. 

Iklan

Pembahasan

Agama Buddha merupakan kepercayaan yang bersifat nonteisme, yaituberperilaku religius tetapi menolak kehadiran Tuhan atau dewa apapun (berfilsafat). Agama ini lahir dibagian timur anak benua India. Keyakinan ini didasarkan pada ajaran Siddharta Gautama. Siddharta Gautama lahir pada tahun 560 sebelum masehi. Pada awalnya, Siddhartamerupakan pemeluk Hind, tepatnya dari golongan Ksatria. Beliau merupakan pangeran kerajaan yang berasal dari Kapilawastu. Kehidupan mewahnya istanatak lantas membuatnya senang, melainkan membuatnyapenasaran dengan kehidupan luar istana. Dari kehidupan luar istana itu lah kemudian pencerahan dan jalan kebenaran Buddha dicapai. Adapun empat hal kehidupan luar istana tersebut: (1) terdapatnya seorang laki-laki lemah dan menyaksikan betapa umur tua telah merusak ingatannya, keindahan dan keperkasaanya, (2) terdapatnya seorang yang sakit cacat, (3) terdapatnya orang-orang menangis tatkala melihat proses pemakaman, dan (4) terdapatnya seorang suci yang sedang mengembara. Setelah Siddharta melihat empat hal kehidupan luar istana tersebut, beliau melakukan meditasi dan duduk di bawah pohon Bodhi. Dari meditasinya tersebutdiperolehlahpencerahan dan jawaban atas kebenaran sejati. Jadi, opsi jawaban benar adalah D.

Agama Buddha merupakan kepercayaan yang bersifat nonteisme, yaitu berperilaku religius tetapi menolak kehadiran Tuhan atau dewa apapun (berfilsafat). Agama ini lahir di bagian timur anak benua India. Keyakinan ini didasarkan pada ajaran Siddharta Gautama.

Siddharta Gautama lahir pada tahun 560 sebelum masehi. Pada awalnya, Siddharta merupakan pemeluk Hind, tepatnya dari golongan Ksatria. Beliau merupakan pangeran kerajaan yang berasal dari Kapilawastu. Kehidupan mewahnya istana tak lantas membuatnya senang, melainkan membuatnya penasaran dengan kehidupan luar istana. Dari kehidupan luar istana itu lah kemudian pencerahan dan jalan kebenaran Buddha dicapai. Adapun empat hal kehidupan luar istana tersebut: (1) terdapatnya seorang laki-laki lemah dan menyaksikan betapa umur tua telah merusak ingatannya, keindahan dan keperkasaanya, (2) terdapatnya seorang yang sakit cacat, (3) terdapatnya orang-orang menangis tatkala melihat proses pemakaman, dan (4) terdapatnya seorang suci yang sedang mengembara.

Setelah Siddharta melihat empat hal kehidupan luar istana tersebut, beliau melakukan meditasi dan duduk di bawah pohon Bodhi. Dari meditasinya tersebut diperolehlah pencerahan dan jawaban atas kebenaran sejati.

Jadi, opsi jawaban benar adalah D. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Agama Hindu dan agama Budha lahir di India. Jika lahirnya agama Hindu lahir dari pemikiran masyarakat suku bangsa Arya, maka lahirnya agama Budha dari masyarakat suku bangsa Dravida, yaitu Sidharta Ga...

122

4.3

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia