Roboguru

Aglutinasi akan terjadi jika resipien bergolongan darah O menerima darah dari donor bergolongan darah A. Jelaskan mengapa terjadi demikian.

Pertanyaan

Aglutinasi akan terjadi jika resipien bergolongan darah O menerima darah dari donor bergolongan darah A. Jelaskan mengapa terjadi demikian.

Pembahasan Soal:

Sistem penggolongan darah yang paling umum digunakan adalah sistem ABO yang akan ditentukan oleh Aglutinogen dan juga Aglutinin. Aglutinogen adalah sebuah protein darah yang terdapat di dalam eritrosit (sel darah merah) dan memiliki fungsi sebagai antigen di dalam darah. Sementara itu, aglutinin adalah protein yang terkandung di dalam plasma darah, di mana protein ini dapat menyebabkan aglutinasi. Aglutinasi darah adalah proses menempel dan menggumpalnya darah akibat bereaksi dengan antibodi.
Aglutinasi akan terjadi pada kasus Resipien bergologan darah O didonori oleh pendonor bergolongan darah A. Hal ini dikarenakan Golongan darah O adalah golongan darah yang eritrositnya tidak mengandung aglutinogen apa pun, namun mengandung aglutinin α dan β di dalam plasma darahnya. Sehingga golongan darah O bisa mendonorkan darah kepada semua golongan darah yang ada, namun hanya bisa menerima transfusi darah dari golongan darah O itu sendiri, sehingga golongan darah O disebut sebagai donor universal. Dilain sisi golongan darah A adalah jenis golongan darah yang di dalam eritrositnya mengandung aglutinogen A dan mengandung aglutinin β di dalam plasma darahnya. Maka dari itu, golongan darah A bisa menerima transfusi darah dari golongan darah A dan O, dan hanya bisa mendonorkan darah kepada golongan darah A dan AB.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved