Iklan

Iklan

Pertanyaan

Agen-agen sosialisasi adalah ... , ... , ... , dan ...

Agen-agen sosialisasi adalah ... , ... , ... , dan ... 

undefined 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

B erikut merupakan agen-agen sosialisasi : A. Keluarga . Keluarga merupakan tempat seorang anak yang baru lahir mengalami proses sosialisasi pertama kali. Di dalam keluarga, anak mulai mengenal seluruh anggota keluarganya, yaitu ayah, ibu, dan saudaranya sampai anak mengenal dirinya sendiri serta menaati norma-norma yangberlaku dalam keluarga. B. K elompok bermain . K elompok bermainmerupakan agen sosialisasi bagi anak setelah keluarga. Teman atau kelompok bermain dalam istilah sosiologi disebut peer group . Kelompok bermain pada usia anak-anakmeliputi teman-teman tetangga, keluarga, dan kerabat yang sebaya dengannya . C. Sekolah . Di sekolah, seseorang akan mempelajari hal-hal baru yang tidak diajarkan didalam keluarga ataupun dikelompok sepermainannya. Sekolah mempersiapkan individu untuk peran-perandimasa mendatang saat ia tidak bergantung lagi kepada orang tua. D. Media massa . Media massa diidentifikasikan sebagai agen sosialisasi yang berpengaruh terhadap perilaku masyarakat. Pesan-pesanditayangkan melalui televisi dapat mengarahkan masyarakat kearah perilaku proporsional (sesuai dengan norma-norma masyarakat) atau perilaku anti sosial (bertentangan dengan norma-norma masyarakat) Jadi, jawaban yang tepat adalah keluarga, kelompokbermain, sekolah, dan media massa.

Berikut merupakan agen-agen sosialisasi :

A. Keluarga. Keluarga merupakan tempat seorang anak yang baru lahir mengalami proses sosialisasi pertama kali. Di dalam keluarga, anak mulai mengenal seluruh anggota keluarganya, yaitu ayah, ibu, dan saudaranya sampai anak mengenal dirinya sendiri serta menaati norma-norma yang berlaku dalam keluarga.
B. Kelompok bermainKelompok bermain merupakan agen sosialisasi bagi anak setelah keluarga. Teman atau kelompok bermain dalam istilah sosiologi disebut peer group. Kelompok bermain pada usia anak-anak meliputi teman-teman tetangga, keluarga, dan kerabat yang sebaya dengannya .
C. Sekolah. Di sekolah, seseorang akan mempelajari hal-hal baru yang tidak diajarkan didalam keluarga ataupun dikelompok sepermainannya. Sekolah mempersiapkan individu untuk peran-peran dimasa mendatang saat ia tidak bergantung lagi kepada orang tua.
D. Media massa. Media massa diidentifikasikan sebagai agen sosialisasi yang berpengaruh terhadap perilaku masyarakat. Pesan-pesan ditayangkan melalui televisi dapat mengarahkan masyarakat kearah perilaku proporsional (sesuai dengan norma-norma masyarakat) atau perilaku anti sosial ( bertentangan dengan norma-norma masyarakat)

Jadi, jawaban yang tepat adalah keluarga, kelompok bermain, sekolah, dan media massa.

undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

12

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Seorang individu diajarkan tentang nilai-nilai serta norma sosial dasar dan cara hidup sesuai kultur keluarga. Hal ini menunjukkan bentuk sosialisasi ….

4

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia