Pertanyaan

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 17-19.


"Berbeda dengan spidol yang sudah beredar di pasaran, kalau inovasi kami ini menggunakan campuran pelarut air dan cuka sehingga baunya tidak menyengat. Sebenarnya tinta bisa lebih tahan lama lagi asalkan pakai pelarut stylene. Hanya jika pakai itu, justru baunya menyengat dan berbahaya, malah tidak ramah lingkungan," tutur Yulistya Rahma Fitri (13), salah satu siswi peneliti tinta spidol dari daun jambu biji. Inovasi tinta spidol dari daun jambu biji tersebut memang sudah beberapa bulan ini coba diteliti dan dikembangkan oleh Yulistya dan Indriyani.

(Sumber: https://regional.kompas.com/read/2017/09/15/14084181/tinta-spidol-dari-daun-jambu-biji-karya-siswa-mts-jadi-juara diakses 15 September 2018 pada pukul 08.15 WIB)space 

Agar kalimat pertama dalam teks tersebut efektif, harus dilakukan hal berikut, yaitu ....

Agar kalimat pertama dalam teks tersebut efektif, harus dilakukan hal berikut, yaitu ....space 

  1. menghilangkan kata kalauspace 

  2. menghilangkan kata sudahspace 

  3. mengganti kata pasar menjadi pasaranspace 

  4. menghilangkan kata kamispace 

  5. menghilangkan kata pelarutspace 

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.space 

Pembahasan

Karya Ilmiah adalah teks yang dibuat berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan, tinjauan, ulasan, kajian, atau pemikiran yang menggunakan cara kerja ilmiah oleh perseorangan atau kelompok yang disajikan dalam bentuk tertulis dan disusun secara sistematis. Dalam penulisan karya ilmiah harus memperhatikan penggunaan kalimat efektif.Kalimat efektif merupakan kalimat yang sesuai dengan kaidah bahasa baik ejaan maupun tanda bacanya sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Salah satu kaidah kalimat efektif adalah kalimat harus mengandung subjek dan predikat. Kalimat pertama pada kutipan teks tersebut tidak memiliki subjek. Kalimat tersebut menjadi lebih efektif dengan menghilangkan kata kalau sehingga subjek kalimat tersebut adalah inovasi kami . Perbaikan kalimat pertama menjadi: Berbeda dengan spidol yang sudah beredar di pasaran, inovasi kami ini menggunakan campuran pelarut air dan cuka sehingga baunya tidak menyengat. Berdasarkan penjelasan tersebut, agar kalimat pertama dalam teks tersebut efektif, harus menghilangkan kata kalau. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Karya Ilmiah adalah teks yang dibuat berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan, tinjauan, ulasan, kajian, atau pemikiran yang menggunakan cara kerja ilmiah oleh perseorangan atau kelompok yang disajikan dalam bentuk tertulis dan disusun secara sistematis.

Dalam penulisan karya ilmiah harus memperhatikan penggunaan kalimat efektif. Kalimat efektif merupakan kalimat yang sesuai dengan kaidah bahasa baik ejaan maupun tanda bacanya sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Salah satu kaidah kalimat efektif adalah kalimat harus mengandung subjek dan predikat.

Kalimat pertama pada kutipan teks tersebut tidak memiliki subjek. Kalimat tersebut menjadi lebih efektif dengan menghilangkan kata kalau sehingga subjek kalimat tersebut adalah inovasi kami. Perbaikan kalimat pertama menjadi:

Berbeda dengan spidol yang sudah beredar di pasaran, inovasi kami ini menggunakan campuran pelarut air dan cuka sehingga baunya tidak menyengat.

Berdasarkan penjelasan tersebut, agar kalimat pertama dalam teks tersebut efektif, harus menghilangkan kata kalau.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

272

Iklan

Pertanyaan serupa

Saran perbaikan untuk kesalahan berbahasa pada penulisan kalimat tersebut adalah ....

561

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia