Iklan

Iklan

Pertanyaan

Adakah makhluk hidup lain yang dapat menggantikan peran bakteri dan jamur sebagai dekomposer? Jika ada jelaskan!

Adakah makhluk hidup lain yang dapat menggantikan peran bakteri dan jamur sebagai dekomposer? Jika ada jelaskan! 
 

  1. . . . 

  2. . . . 

Iklan

I. Rachmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Ada. Dekomposer atau pengurai adalah organisme yang memperoleh energi dengan caramemakan organisme mati dan produk-produk limbah dari organisme lain. Pengurai membantu siklus nutrisi kembali ke ekosistem lainnya. Pengurai atau dekomposer memiliki peran penting dalam setiap ekosistem. Mereka menguraikan sampah, bangkai binatang, dan sebagainya. Organisme yang tergolong penting ini mengkonsumsi bahan organik, mengubah zat kembali ke bentuk anorganik mereka. Dekomposer mempercepat proses penguraian bahan organik menjadi pupuk organik yang dapat secara langsung dimanfaatkan oleh tanaman. Sisa-sisa makanan, bangkai binatang, dan sisa bahan organik lainnya akan menjadi makanan bagi bakteri pembusuk. Dekomposer membuat tanah kaya dengan menambahkan senyawa organik dengan itu. Zat seperti karbon, air dan nitrogen dikembalikan ke ekosistem melalui tindakan pengurai. Organisme yang termasuk contoh pengurai (dekomposer) adalah serangga, cacing tanah, bakteri, jamur, belatung, kecoa, ragi, siput, lumut, dan actinomycetes.

Ada. Dekomposer atau pengurai adalah organisme yang memperoleh energi dengan cara memakan organisme mati dan produk-produk limbah dari organisme lain. Pengurai membantu siklus nutrisi kembali ke ekosistem lainnya. Pengurai atau dekomposer memiliki peran penting dalam setiap ekosistem. Mereka menguraikan sampah, bangkai binatang, dan sebagainya. Organisme yang tergolong penting ini mengkonsumsi bahan organik, mengubah zat kembali ke bentuk anorganik mereka. Dekomposer mempercepat proses penguraian bahan organik menjadi pupuk organik yang dapat secara langsung dimanfaatkan oleh tanaman.

Sisa-sisa makanan, bangkai binatang, dan sisa bahan organik lainnya akan menjadi makanan bagi bakteri pembusuk. Dekomposer membuat tanah kaya dengan menambahkan senyawa organik dengan itu. Zat seperti karbon, air dan nitrogen dikembalikan ke ekosistem melalui tindakan pengurai. Organisme yang termasuk contoh pengurai (dekomposer) adalah serangga, cacing tanah, bakteri, jamur, belatung, kecoa, ragi, siput, lumut, dan actinomycetes. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dalam suatu ekosistem, terdapat tikus, kucing, rumput, jamur dan bakteri. Organisme yang sangat tergantung kepada konsumen adalah....

171

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia