Pertanyaan

Adakah kaitan persebaran peradabanbangsa Maya di Amerika dan peradabanbangsa Babilonia di Asia Barat denganpergeseran benua?

Adakah kaitan persebaran peradaban bangsa Maya di Amerika dan peradaban bangsa Babilonia di Asia Barat dengan pergeseran benua? space 

Y. Widyaningsih

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Peradaban Maya ditemukan di Meksiko Selatan dan Amerika Tengah. Kemunculan peradaban Maya Kuno diperkirakan terjadi pada zaman Arkaik, sekitar 2.000 tahun SM. Peradaban Babilonia berkembang pada ±1900 SM di Mesopotamia (Babylonia) ± 97 kilometer di selatan kota Baghdad sekarang, di tepi sungai Eufrat, Irak selatan. Pergesaran benua merupakan hipotesa yang muncul dalam sejarah perkembangan muka bumi. Berdasarkan Teori Apungan Benua , permukaan bumi pada awalanya berasal dari satu superbenua Pangea , yang kemudian terpecah dan bergeser membentuk lempeng superbenua Laurasia dan Gondwana . Laurasia menjadi cikal bakal benua Amerika Utara, Eurasia dan benua-benua kecil di sekitarnya . Perpecahan Laurasia diperkirakan sejak 200 juta tahun yang lalu (z aman Trassic ), Amerika Utara semakin menjauhi Eurasia pada zaman Cretaceous ( 65 juta tahun yang lalu ). Disisi lain berdasarkan perkembangan peradaban di Amerika dimulai oleh kedatangan bangsa Amurian yang berasal dari Siberia dan Rusia pada 20.000 tahun yang lalu. Sehingga, perkembangan Bangsa Maya dan Perkembangan bangsa Babilonia tidak memiliki keterkaitan dengan pergeseran benua.

Peradaban Maya ditemukan di Meksiko Selatan dan Amerika Tengah. Kemunculan peradaban Maya Kuno diperkirakan terjadi pada zaman Arkaik, sekitar 2.000 tahun SM. Peradaban Babilonia berkembang pada ±1900 SM di Mesopotamia (Babylonia) ± 97 kilometer di selatan kota Baghdad sekarang, di tepi sungai Eufrat, Irak selatan.
Pergesaran benua merupakan hipotesa yang muncul dalam sejarah perkembangan muka bumi. Berdasarkan Teori Apungan Benua, permukaan bumi pada awalanya berasal dari satu superbenua Pangea, yang kemudian terpecah dan bergeser membentuk lempeng superbenua Laurasia dan Gondwana. Laurasia menjadi cikal bakal benua Amerika Utara, Eurasia dan benua-benua kecil di sekitarnya. Perpecahan Laurasia diperkirakan sejak 200 juta tahun yang lalu (zaman Trassic), Amerika Utara semakin menjauhi Eurasia pada zaman Cretaceous (65 juta tahun yang lalu). 
Disisi lain berdasarkan perkembangan peradaban di Amerika dimulai oleh kedatangan bangsa Amurian yang berasal dari Siberia dan Rusia pada 20.000 tahun yang lalu. Sehingga, perkembangan Bangsa Maya dan Perkembangan bangsa Babilonia tidak memiliki keterkaitan dengan pergeseran benua.space 
 

229

5.0 (1 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar berikut. Lempeng Bumi yang ditunjukkan nomor 5 akanmembentuk wilayah ....

160

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia