Roboguru

Ada berapa zaman pada masa praaksara dilihat dari periodisasi secara Geologis?

Pertanyaan

Ada berapa zaman pada masa praaksara dilihat dari periodisasi secara Geologis?

Pembahasan Soal:

Menurut teori Geologi, yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang pembentukan bumi secara keseluruhan, proses perkembangan bumi di bagi menjadi empat tahapan yaitu.

  1. Masa Arkaekum, masa ini adalah masa tertua yang diperkiran terjadi 2,5 miliar tahun yang lalu. Pada zaman ini belum ada tanda-tanda kehidupan karena temperatur bumi yang masih sangat tinggi.
  2. Masa Paleozoikum, masa ini dikenal dengan zaman primer yang berlangsung sekitar 500-245 juta tahun yang lalu. Secara berangsur temperatur bumi mulai mendingin dan mulai terlihat adanya tanda-tanda kehidupan berupa makhluk bersel satu atau yang lebih dikenal dengan mikroorganisme.
  3. Masa Mesozoikum dikenal dengan zaman sekunder yang diperkiran berlangsung sekitar 245-65 juta tahun yang lalu. Masa Mesozoikum dikenal juga dengan zaman reftil seperti Dinosaurus. Selain itu ada pula hewan-hewan lain yang muncul pada masa ini yaitu gajah purba atau marmut. 
  4. Masa Neozoikum, masa ini dibedakan menjadi dua yaitu masa tersier dan masa kuarter. Pada masa tersier mulai muncul jenis primata seperti kera sedangkan pada masa kuarter manusia purba mulai muncul.


Berdasarkan penjelasan di atas maka masa praaksara berdasarkan periodisasi secara geologis dibagi menjadi 4 zaman yaitu, Masa Arkaekum, Masa Paleozoikum, Masa Mesozoikum dan Masa Neozoikum.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 26 April 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved