Roboguru

Pertanyaan

Ada beberapa bagian wilayah Jakarta mengalami penurunan hingga ketinggiannya berada di bawah permukaan laut. Fenomena ini terus berlangsung bahkan mencakup wilayah yang lebih luas. Hal ini menyebabkan air laut di utara Jakarta mulai menggenangi wilayah daratannya. Untuk melihat sebaran wilayah-wilayah di Jakarta yang mulai tenggelam dengan visualisasi yang lebih jelas, maka analisis yang tepat dilakukan adalah ….

  1. 3D

  2. overlay

  3. buffering

  4. networking

  5. nearest neighbor

A. Ac

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

maka kita dapat mengetahui secara lebih jelas sebaran wilayah yang telah mengalami penurunan begitu parah hingga terendam oleh air laut. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan

Beberapa wilayah mengalami penurunan muka tanah akibat tingginya laju penggunaan air tanah dan intensitas penggunaan lahan yang tinggi. Hal ini paling banyak terjadi di wilayah utara Jakarta. Perubahan ketinggian wilayah Jakarta dapat dilihat dari perubahan titik atau garis ketinggian serta data mengenai ketinggian air laut yang dihasilkan dari pengumpulan data teristris. Visualisasi wilayah yang mengalami penurunan tanah dan terendam air laut pun bisa dilakukan dengan menggunakan teknik analisis 3D. Hal ini dilakukan dengan memvisualisasikan data topografi Jakarta dari tahun ke tahun dan menggabungkannya dengan data ketinggian muka laut. Dengan demikian, maka kita dapat mengetahui secara lebih jelas sebaran wilayah yang telah mengalami penurunan begitu parah hingga terendam oleh air laut. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

115

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Analisis 3D memiliki suatu keunggulan yang tidak dimiliki oleh teknik analisis lainnya, yaitu ….

122

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia