RoboguruRoboguru
SD

Abad ke-21 merupakan era yang dipenuhi dengan perubahan-perubahan besar, satu diantaranya adalah perubahan kepada "Tatanan Dunia Baru" yang didorong oleh kekuatan gelombang demokratisasi dan kemajuan teknologi informasi dengan berbagai penemuan barunya. Pengaruhnya terhadap masyarakat Indonesia yang multikultural adalah ...

Pertanyaan

Abad ke-21 merupakan era yang dipenuhi dengan perubahan-perubahan besar, satu diantaranya adalah perubahan kepada "Tatanan Dunia Baru" yang didorong oleh kekuatan gelombang demokratisasi dan kemajuan teknologi informasi dengan berbagai penemuan barunya. Pengaruhnya terhadap masyarakat Indonesia yang multikultural adalah ...

  1. tumbuhnya kesadaran akan hak-hak asasi dan tanggung jawab untuk membangun masyarakat yang lebih baik/maju pada masyarakat Indonesia

  2. munculnya berbagai gerakan melawan pemerintahan

  3. istilah reformasi menjadi buah bibir dan dibicarakan di mana-mana

  4. terjadinya revolusi informasi

  5. terwujudnya suatu masyarakat terbuka (open society)

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah E.

Pembahasan

Jawaban yang tepat adalah E.

Terdapat konsekuensi dari kehidupan multikultural, yakni memungkinkan terjadi konflik dan juga integrasi.

  1. Konflik: Kondisi negara Indonesia yang penuh dengan keanekaragaman menghadapi tantangan dan cobaan yang sangat besar dalam melaksanakan pembangunan. Sebab, bukan suatu hal yang mudah -membangun bangsa yang begitu besar dengan pola dan kebiasaan serta karakter yang berbeda-beda. Apalagi jika suatu masyarakat sangat . tertutup dengan perubahan, tentu saja sangat menghambat proses pembangunan yang ingin dicapai.
  2. IntegrasiMasyarakat multikultural Indonesia jttga akan melahirkan integrasi atau persatuan. Integrasi sosial berarti penyatuan atau mempersatukan hubungan anggota-anggota masyarakat. Integrasi dalam struktur masyarakat yang ll}Ultikultur bukan berarti menghi langkan keragaman budaya masing-masing kelompok sosial . Namun, integrasi merupakan aktivitas yang ditujukan untuk penyatuan antarkelompok sosial yang beragam ke dalam satu tujuan menjadi kesatuan bangsa. Oleh karena itu, integrasi akan menghasilkan pemahaman tentang suatu bangsa yang memiliki karakter majemuk.

Berkembangnya teknologi tentu mendorong terbentuknya kompleksitas masyarakat Indonesia yang semakin beragam dengan bertambahnya kebudayaan-kebudayaan baru. Hal ini tentu menunjukkan adanya integrasi baru di masyarakat Indonesia, yang dapat diartikan sebagai masyarakat terbuka atau open society.

Pilihan E benar, karena terwujudnya masyarakat terbuka merupakan bentuk dari integrasi baru di tengah perkembangan teknologi pada masyarakat multikultural.

Pilihan B dan C salah, karena pernyataan tersebut tidak menunjukkan terbentuknya demokratisasi di dalam masyarakat, melainkan adanya sentimen berlebih di dalam masyarakat yang dapat memicu terjadinya disintegrasi.

Pilihan A dan D kurang tepat, karena tidak memberikan gambaran mengenai kehidupan multikultural yang semakin berkembang akibat adanya kemajuan teknologi.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah E.

117

4.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Cara hidup kelompok Suku Baduy yang  masih sederhana dan tidak memperlihatkan adanya perubahan menunjukan adanya dua indikator dinamika kelompok sosial yang tidak bekerja, yaitu ....

26

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia