Iklan

Iklan

Pertanyaan

a. Untuk persamaan y = x k ​ , bagaimanakahnilai y jika nilai x mengalami kenaikan? b. Bagaimanakah nilai jika nilai mengalami kenaikan? c. Dari persamaan berbalik nilai, bagaimanakah bentuk grafiknya? Apakah melalui titik asal ( 0 , 0 ) ? apakah akan memotong sumbu koordinat?

a. Untuk persamaan , bagaimanakah nilai  jika nilai  mengalami kenaikan?

b. Bagaimanakah nilai x jika nilai y mengalami kenaikan?

c. Dari persamaan berbalik nilai, bagaimanakah bentuk grafiknya? Apakah melalui titik asal ? apakah akan memotong sumbu koordinat?space 

Iklan

A. Armanda

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indraprasta PGRI

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dapat disimpulkan bahwabentuk grafiknya melengkung menghadap ke atas dan ke bawah menjadi 2 bagian sertatidak melaluititik asal dan tidakmemotong sumbu koordinat.

dapat disimpulkan bahwa bentuk grafiknya melengkung menghadap ke atas dan ke bawah menjadi 2 bagian serta tidak melalui titik asal open parentheses 0 comma space 0 close parentheses dan tidak memotong sumbu koordinat.

Iklan

Pembahasan

Persamaan dapat juga diubah menjadi: Karena terletak di atas dan terletak dibawah, maka hubungan keduanya adalah berbanding terbalik. Jika nilai mengalami kenaikan, maka nilai mengalami penurunan. Dan sebaliknya, jika nilai mengalami kenaikan, maka nilai mengalami penurunan. Sehingga,nilai mengalami penurunan jika nilai mengalami kenaikan dannilai mengalami penurunan jikanilai mengalami kenaikan. Grafik . Misalkan dan . Jadi, dapat disimpulkan bahwabentuk grafiknya melengkung menghadap ke atas dan ke bawah menjadi 2 bagian sertatidak melaluititik asal dan tidakmemotong sumbu koordinat.

Persamaan y equals k over x dapat juga diubah menjadi:

y over 1 equals k over x 

Karena y terletak di atas dan x terletak dibawah, maka hubungan keduanya adalah berbanding terbalik.

Jika nilai x mengalami kenaikan, maka nilai y mengalami penurunan. Dan sebaliknya, jika nilai y mengalami kenaikan, maka nilai x mengalami penurunan.

Sehingga, nilai y mengalami penurunan jika nilai x mengalami kenaikan dan nilai x mengalami penurunan jika nilai y mengalami kenaikan.

Grafik y equals k over x.

Misalkan k equals 1 dan k equals 10.



 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa bentuk grafiknya melengkung menghadap ke atas dan ke bawah menjadi 2 bagian serta tidak melalui titik asal open parentheses 0 comma space 0 close parentheses dan tidak memotong sumbu koordinat.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar di bawah ini. Diketahui x dan y memenuhi perbandingan berbalik senilai. Jika nilai x=100 maka nilai y= ….

5

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia