Iklan

Iklan

Pertanyaan

A. Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat. B. Jika kedua pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat. C. Jika pernyataan pertama benar, sedangkan pernyataan kedua salah. D. Jika pernyataan pertama salah, sedangkan pernyataan kedua benar. E. Jika kedua pernyataan tersebut salah. Proses pembentukan negara Indonesia diawali dengan pembentukan sejumlah kelengkapan negara untuk menyempurnakan peran negara dan jalannya pemerintahan. SEBAB Sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 menentukan Sukarno dan Mohammad Hatta sebagai presiden dan wakil presiden Indonesia.

A.  Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat.

B.  Jika kedua pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat.

C.  Jika pernyataan pertama benar, sedangkan pernyataan kedua salah.

D.  Jika pernyataan pertama salah, sedangkan pernyataan kedua benar.

E.  Jika kedua pernyataan tersebut salah.

Proses pembentukan negara Indonesia diawali dengan pembentukan sejumlah kelengkapan negara untuk menyempurnakan peran negara dan jalannya pemerintahan.

SEBAB

Sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 menentukan Sukarno dan Mohammad Hatta sebagai presiden dan wakil presiden Indonesia.

  1. Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat.

  2. Jika kedua pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat.

  3. Jika pernyataan pertama benar, sedangkan pernyataan kedua salah.

  4. Jika pernyataan pertama salah, sedangkan pernyataan kedua benar.

  5. Jika kedua pernyataan tersebut salah.

Iklan

E. Mar'Atus

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Airlangga

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Proses pembentukan negara Indonesia diawali dengan pembentukan sejumlah kelengkapan negara untuk menyempurnakan peran negara dan jalannya pemerintahan. Pernyataan ini benar, setelah proklamasi kemerdekaan maka segera dilaksanakan sidang PPKI I, II, dan III yang menghasilkan keputusan dibentuknya sejumlah kelengkapan negara seperti UUD 1945, presiden dan wakil presiden, membentuk Komite Nasional, menentapkan pembagian delapan provinsi, membentuk BKR,dan membentuk KNIP. Sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 menentukan Sukarno dan Mohammad Hatta sebagai presiden dan wakil presiden Indonesia. Pernyataan ini benar, sidang PPKI I tanggal 18 Agutus 1945 menghasilkan beberapa keputusan antara lain mengesahkan UUD 1945, mengangkat Ir. Sukarno sebagai Presiden Republik Indonesia dan Drs. Mohammad Hatta sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia. Dari penjelasan berikut maka pernyataan benar, alasan benar namun keduanya tidak menunjukan hubungan sebab akibat.

Proses pembentukan negara Indonesia diawali dengan pembentukan sejumlah kelengkapan negara untuk menyempurnakan peran negara dan jalannya pemerintahan. Pernyataan ini benar, setelah proklamasi kemerdekaan maka segera dilaksanakan sidang PPKI I, II, dan III yang menghasilkan keputusan dibentuknya sejumlah kelengkapan negara seperti UUD 1945, presiden dan wakil presiden, membentuk Komite Nasional, menentapkan pembagian delapan provinsi, membentuk BKR,dan membentuk KNIP.

Sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 menentukan Sukarno dan Mohammad Hatta sebagai presiden dan wakil presiden Indonesia. Pernyataan ini benar, sidang PPKI I tanggal 18 Agutus 1945 menghasilkan beberapa keputusan antara lain mengesahkan UUD 1945, mengangkat Ir. Sukarno sebagai Presiden Republik Indonesia dan Drs. Mohammad Hatta sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia.

Dari penjelasan berikut maka pernyataan benar, alasan benar namun keduanya tidak menunjukan hubungan sebab akibat.

Latihan Bab

Peristiwa Sekitar Proklamasi

Pembentukan Pemerintahan RI Pertama

Proklamator dan Tokoh Lainnya

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

38

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Agenda sidang pertama PPKI adalah pembentukan susunan pemerintahan. Agenda tersebut menjadi sangat mendesak dan harus segera dibahaskarena bangsa Indonesia ....

2rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia