Iklan

Iklan

Pertanyaan

A. Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat. B. Jika kedua pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat. C. Jika pernyataan pertama benar, sedangkan pernyataan kedua salah. D. Jika pernyataan pertama salah, sedangkan pernyataan kedua benar. E. Jika kedua pernyataan tersebut salah. Penerapan demokrasi di Indonesia melalui banyak kegagalan karena berbenturan dengan tradisi dan pola pikir individunya. SEBAB Sistem parlementer maupun presidensial dalam pelaksanaannya didukung oleh prinsip trias politika, yakni pembagian sistem pemerintahan dalam tiga bagian, yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

A.  Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat.

B.  Jika kedua pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat.

C.  Jika pernyataan pertama benar, sedangkan pernyataan kedua salah.

D.  Jika pernyataan pertama salah, sedangkan pernyataan kedua benar.

E.  Jika kedua pernyataan tersebut salah.

Penerapan demokrasi di Indonesia melalui banyak kegagalan karena berbenturan dengan tradisi dan pola pikir individunya.

SEBAB

Sistem parlementer maupun presidensial dalam pelaksanaannya didukung oleh prinsip trias politika, yakni pembagian sistem pemerintahan dalam tiga bagian, yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

  1. Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat.

  2. Jika kedua pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat.

  3. Jika pernyataan pertama benar, sedangkan pernyataan kedua salah.

  4. Jika pernyataan pertama salah, sedangkan pernyataan kedua benar.

  5. Jika kedua pernyataan tersebut salah.

Iklan

A. NIZAR

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pernyataan tentang, penerapan demokrasi di Indonesia melalui banyak kegagalan karena berbenturan dengan tradisi dan pola pikir individunya salah. Contohnya, kedatangan tentara Sekutu yang akan mengambil alih kekuasaan di Indonesia dari pemerintah pendudukan Jepang yang berkuasa di Indonesia sejak tahun 1942- 1945. Selain harus menghadapi kekuatan asing baik dalam bentuk fisik maupun jalur diplomasi, kondisi politik, dan ekonomi yang tidak stabil memunculkan pemberontakan-pemberontakan di daerah sebagai wujud ketidakpuasan terhadap pemerintah. Pada awal kemerdekaan, tampak kekuasaan yang masih tersentralisasi sehingga tidal benar jika penerapan demokrasi di Indonesia gagal karena berbenturan dengan tradisi dan pola pikir individunya. Alasan pada soal benar, sistem parlementer maupun presidensial dalam pelaksanaannya didukung oleh prinsip trias politika, yakni pembagian sistem pemerintahan dalam tiga bagian, yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Baik sistem presidensial maupun parlementer, pelaksanaannya didukung oleh prinsip trias politika yang membagi sistem pemerintahan dalam tiga bagian, yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

  1. Pernyataan tentang, penerapan demokrasi di Indonesia melalui banyak kegagalan karena berbenturan 
  2. dengan tradisi dan pola pikir individunya salah.
  3. Contohnya, kedatangan tentara Sekutu yang akan mengambil alih kekuasaan di Indonesia dari pemerintah pendudukan Jepang yang berkuasa di Indonesia sejak tahun 1942- 1945. Selain harus menghadapi kekuatan asing baik dalam bentuk fisik maupun jalur diplomasi, kondisi politik, dan ekonomi yang tidak stabil memunculkan pemberontakan-pemberontakan di daerah sebagai wujud ketidakpuasan terhadap pemerintah. Pada awal kemerdekaan, tampak kekuasaan yang masih tersentralisasi sehingga tidal benar jika penerapan demokrasi di Indonesia gagal karena berbenturan dengan tradisi dan pola pikir individunya.
  4. Alasan pada soal benar, sistem parlementer maupun presidensial dalam pelaksanaannya didukung oleh prinsip trias politika, yakni pembagian sistem pemerintahan dalam tiga bagian, yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif.
  5. Baik sistem presidensial maupun parlementer, pelaksanaannya didukung oleh prinsip trias politika yang membagi sistem pemerintahan dalam tiga bagian, yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Menurut Abraham Lincoln, untuk menciptakan sistem demokrasi diperlukan .....

50

4.8

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia