Iklan

Iklan

Pertanyaan

A. Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat. B. Jika kedua pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat. C. Jika pernyataan pertama benar, sedangkan pernyataan kedua salah. D. Jika pernyataan pertama salah, sedangkan pernyataan kedua benar. E. Jika kedua pernyataan tersebut salah. Pada awal abad ke-18 nasionalisme sudah berkembang di kawasan Eropa Barat dan mendorong terbentuknya negara dan bangsa baru. SEBAB Bagi negara-negara di Asia dan Afrika, paham nasionalisme bukan merupakan paham baru karena sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit.

A.  Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat.

B.  Jika kedua pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat.

C.  Jika pernyataan pertama benar, sedangkan pernyataan kedua salah.

D.  Jika pernyataan pertama salah, sedangkan pernyataan kedua benar.

E.  Jika kedua pernyataan tersebut salah.

Pada awal abad ke-18 nasionalisme sudah berkembang di kawasan Eropa Barat dan mendorong terbentuknya negara dan bangsa baru.

SEBAB

Bagi negara-negara di Asia dan Afrika, paham nasionalisme bukan merupakan paham baru karena sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit.

  1. Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat.

  2. Jika kedua pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat.

  3. Jika pernyataan pertama benar, sedangkan pernyataan kedua salah.

  4. Jika pernyataan pertama salah, sedangkan pernyataan kedua benar.

  5. Jika kedua pernyataan tersebut salah.

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pernyataan pada soal ini benar , pada awal abad ke-18 nasionalisme sudah berkembang Kawasan Eropa Barat dan mendorong terbentuknya negara dan bangsa baru. Nasionalisme telah berkembang di Eropa barat sejak abad XVIII. Hal ini kemudian diikuti dengan terbentuknya negara-negara nasional akibat adanya faktor-faktor objektif, misalnya persamaan genealogi (keturunan), bahasa, dan agama yang berbeda seperti yang terjadi di Amerika. Alasan yang menyatakan, bagi negara-negara di Asia dan Afrika, paham nasionalisme bukan merupakan paham baru karena sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit salah karena nasionalisme pada zaman Kerajaan Majapahit hanya berdampak bagi Indonesia tidak meluas hingga negara Asia Afrika. Berdasarkan penjelasan berikut maka pernyataan benar akan tetapi alasan salah.

Pernyataan pada soal ini benar, pada awal abad ke-18 nasionalisme sudah berkembang Kawasan Eropa Barat dan mendorong terbentuknya negara dan bangsa baru.

Nasionalisme telah berkembang di Eropa barat sejak abad XVIII. Hal ini kemudian diikuti dengan terbentuknya negara-negara nasional akibat adanya faktor-faktor objektif, misalnya persamaan genealogi (keturunan), bahasa, dan agama yang berbeda seperti yang terjadi di Amerika.

Alasan yang menyatakan, bagi negara-negara di Asia dan Afrika, paham nasionalisme bukan merupakan paham baru karena sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit salah karena nasionalisme pada zaman Kerajaan Majapahit hanya berdampak bagi Indonesia tidak meluas hingga negara Asia Afrika.

Berdasarkan penjelasan berikut maka pernyataan benar akan tetapi alasan salah.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

14

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan faktor dari dalam (internal) dan faktor dari luar (eksternal) yang membawa pengaruh munculnya semangat nasionalisme ...

6

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia