Iklan

Iklan

Pertanyaan

   

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Klasifikasi polimer: Berdasarkan Susunan Rantainya Polimer linear Polimer linier adalah polimer yangterbentuk ketika unit monomer bergabung dengan unit ulang yang sama membentuk rantai polimer yang panjang. Contoh polimer ini adalah polietilena, polivinil klorida, nilon. Polimer bercabang Polimer bercabang adalah polimer linier yang memiliki cabang pada rantai utamanya yang lurus. Contoh polimer ini adalahLow-Density Polyethylene (LDPE). Polimer ikat silang Polimer ini merupakan polimer yang terbentuk karena beberapa rantai polimer saling berikatan satu sama lain pada rantai utamanya. Contoh polimer ikat silang adalah intan ( diamond ) Berdasarkan Reaksi Pembuatannya Polimer Adisi Polimer yang dihasilkan dari reaksi pemutusan ikatan rangkap, contohnya: polivinilklorida (PVC) Polimer Kondensasi Polimer yang terbuat dari monomer yang terikat dengan penggabungan dua gugus berbeda sehingga menyebabkan pelepasan molekul kecil, contohnya: etilen glikol Berdasarkan Asalnya Polimer Alam Polimer yang terbentuk dengan alami (berasal dari makhluk hidup), contohnya: karet alam (isoprena), pati, selulosa, dll. Polimer Sintesis Polimer yang dibuat oleh manusia melalui proses kimia (di dalam industri), contohnya: PVC, etilen glikol, PE, PP, dll. Berdasarkan Jenis Monomernya Homopolimer Polimer yang monomer penyusunnya hanya satu jenis, contohnya: PVC Kopolimer Polimer yang monomer penyusunnya terdiri dari dua atau lebih jenis monomer, contohnya: nilon, dacron, dll. Berdasarkan Sifatnya Terhadap Panas Termoplas Jenis polimer ini memiliki sifat dapat dipanaskan dalam suhu tinggi (dengan pemanasan), contohnya: polietilena (PE), PVC, polipropena (PP). Termosetting Jenis polimer ini memiliki sifat tahan terhadap pemanasan sehingga tidak lunak saat dipanaskan pada suhu tinggi, contohnya: bakelit. Berdasarkan diagram, itulah pembagianpolimer sesuai klasifikasinya.

       


Klasifikasi polimer:

Berdasarkan Susunan Rantainya

  • Polimer linear 

Polimer linier adalah polimer yang terbentuk ketika unit monomer bergabung dengan unit ulang yang sama membentuk rantai polimer yang panjang.  Contoh polimer ini adalah polietilena, polivinil klorida, nilon.

  • Polimer bercabang

Polimer bercabang adalah polimer linier yang memiliki cabang pada rantai utamanya yang lurus.  Contoh polimer ini adalah Low-Density Polyethylene (LDPE).

  • Polimer ikat silang

Polimer ini merupakan polimer yang terbentuk karena beberapa rantai polimer saling berikatan satu sama lain pada rantai utamanya. Contoh polimer ikat silang adalah intan (diamond)

Berdasarkan Reaksi Pembuatannya

  • Polimer Adisi

Polimer yang dihasilkan dari reaksi pemutusan ikatan rangkap, contohnya: polivinilklorida (PVC)

  • Polimer Kondensasi

Polimer yang terbuat dari monomer yang terikat dengan penggabungan dua gugus berbeda sehingga menyebabkan pelepasan molekul kecil, contohnya: etilen glikol

Berdasarkan Asalnya

  • Polimer Alam

Polimer yang terbentuk dengan alami (berasal dari makhluk hidup), contohnya: karet alam (isoprena), pati, selulosa, dll.

  • Polimer Sintesis

Polimer yang dibuat oleh manusia melalui proses kimia (di dalam industri), contohnya: PVC, etilen glikol, PE, PP, dll.

Berdasarkan Jenis Monomernya

  • Homopolimer

Polimer yang monomer penyusunnya hanya satu jenis, contohnya: PVC

  • Kopolimer

Polimer yang monomer penyusunnya terdiri dari dua atau lebih jenis monomer, contohnya: nilon, dacron, dll.

Berdasarkan Sifatnya Terhadap Panas

  • Termoplas

Jenis polimer ini memiliki sifat dapat dipanaskan dalam suhu tinggi (dengan pemanasan), contohnya: polietilena (PE), PVC, polipropena (PP).

  • Termosetting

Jenis polimer ini memiliki sifat tahan terhadap pemanasan sehingga tidak lunak saat dipanaskan pada suhu tinggi, contohnya: bakelit.

Berdasarkan diagram, itulah pembagian polimer sesuai klasifikasinya.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Rumus struktur suatu polimer sebagai berikut: Nama polimer dan kegunaannya adalah ...

2

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia